Terlambat Datang, Dicoret

Terlambat Datang, Dicoret

Empat Instansi, Tes Serentak

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengeluarkan jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar dan komptensi bidang bagi CPNS di UPT BKN Provinsi Bengkulu. Baik itu untuk instansi vertikal maupun untuk pemerintah daerah (pemda). Untuk hari ini (29/10), empat instansi akan serentak melakukan tes CAT di UPT BKN Bengkulu.

Instansi itu ialah Badan Pusat Statistik (BPS) 8 orang peserta, Makamah Agung (MA) 702 orang peserta, Kementerian Pertanian 143 orang peserta dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sebanyak 5.741 orang peserta. Untuk tes CAT-nya empat instansi itu berbeda jam tesnya. Untuk BPS dan Kementerian Pertanian akan dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Kemudian untuk MA akan dimulai pukul 10.00 WIB dan Pemprov dimulai dari 12.30 WIB sampai 14.00 WIB. Kepala UPT BKN Bengkulu, Joko Warsito Skom MM mengatakan, peserta wajib datang sebelum pelaksanaan tes CAT. Minimal 90 menit sebelum pelaksanaan. Sebab, panitia seleksi nasional (panselnas) akan mencoret peserta, jika terlambat datang kurang dari 1 menit sebelum jam pelaksanaan tes. \"Kalau terlambat 1 menit sebelum palaksanaan, bisa dicoret. Karena panselnas akan melarang masuk ruangan tes jika terlambat,\" terang Joko kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (28/10).

Diungkapkannya, jadwal tes telah disampaikan semua perserta. Artinya, tidak ada alasan lagi peserta untuk datang terlambat. Mengingat betapa pentingnya tes tersebut. Aturan tersebut juga sudah dibakukan oleh panselnas. \"Intinya jangan sampai terlambat. Jika perlu 2 jam sebelum tes sudah datang,\" tegasnya.

Dipaparkannya, untuk peserta CPNS di pemprov, akan dibagi dalam 4 sisi sampai 1 November mendatang. Masing-masing sesi terbagi dalam 430 perserta. Sebelum masuk tes, para peserta diminta untuk melakukan registrasi. Termasuk wajib membawa kartu peserta ujian asli, KTP dan menggunakan pakai rapi celana hitam dan baju putih. Peserta dilarang keras membawa barang apapun didalam ruang tes. Baik itu seperti telephon gembang, kalkulator, kamera, jam tangan, makanan dan berang jenis lainnya. \"Didalam ruangan juga tidak diperbolehkan berbicara dengan peserta lainnya,\" tambah Joko.

Aturan yang telah dibuat, wajib dipatuhi oleh semua peserta. Sebab, panselnas akan melakukan pengawasan dengan ketat. Sehingga tidak ada indikasi bermain curang dalam ujian tersebut. \"Silahkan patuhi aturan yang sudah ada,\" ungkapnya.

Senada, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, jika peserta terlambat, penselnas tidak bisa memberikan tolerasi apapun. Terlebih bagi peserta yang tidak datang, maka dipastikan akan dicoret dari seleksi CPNS. \"Imbauan ini sudah kami sampaikan. Minimal itu 90 menit dari waktu tes sudah datang. Sehingga bisa bersiap-siap,\" terang Diah.

Setelah pemprov selesai, maka akan dilanjutkan untuk tes CPNS di pemda Seluma yaitu dari tanggal 1-3 November. Kemudian dilanjutkan lagi pemda Kepahiang 3-5 November, Bengkulu Utara 6-7 November, Bengkulu Tengah 7-8 November, Lebong 8-10 November dan Bengkulu Selatan 10-11 November. Tata terbit yang diberikan, berlaku untuk peserta tes CPNS. \"Silahkan untuk bersiap-siap dan jangan sampai terlambat,\" tutupnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: