Tes CPNS di SMP 8 Kaur

Tes CPNS di SMP 8 Kaur

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur akhirnya mengumumkan pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kaur yang akan digelar bulan November 2018 mendatang, yakni di SMP 8 Kaur Kecamatan Tetap. Hal ini menyusul keluarnya rekomendasi dari KemenPAN RB dan BKN. Dalam pelaksanaannya, tes akan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) Mandiri.

“Ya sesuai dengan surat resmi yang kita terima dari KemenPAN RB dan BKN, untuk pelaksanaan CPNS Kaur akan kita gelar di Kaur yakni SMP 8 Kaur Kecamatan Tetap. Dan untuk ujiannya nanti menggunakan sistem CAT Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) atau CAT Mandiri,” kata Sekda Kaur H Nandar Munadi SSos MSi, yang juga Ketua Panitia Tes CPNS Kaur didampingi Plt Kepala BKD Kaur, Asman Suhadi SP dan Kabag Humas Setda Kaur M Sirat Edyan MPd, saat menggelar jumpa pers di aula lantai 2 Setda Kaur, kemarin (25/10).

Dikatakan Sekda, penggunaan CAT Mandiri nantinya selaian dipantau oleh BKN Kemenpan RB, juga Mendikbud akan bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung. Menurut Sekda, lokasi pelaksanaan tes yang akan digelar SMPN 8 Kaur di Desa Binjai Kecamatan Tetap.

Dimana pemilihan lokasi itu lantaran telah tersedia fasilitas internet dan jaringan kuat, sehingga bisa dijadikan lokasi tes yang paling tepat. Dalam pelaksanaan tes nantinya, disediakan lima ruangan tes menggunakan 200 unit komputer yang terhubung ke jaringan yang di perkirakan pula akan dilakukan dalam 4 sesi satu hari dengan waktu tes sekitar 4 hari.

“Waktu itu kita ada ada dua pilihan saat ditetapkan sebagai CPNS dengan sistem CAT UNBK difasalitasi oleh Mendikbud, yakni menyelenggarakan secara mandiri atau menginduk dengan kota. Nah kita memilih pilihan satu mengunakan tes sistem UNBK dan digelar di Kaur,” terangnya.

Dikatakan Sekda, terkait dengan pelaksanaan tes CPNS yang untuk pertama kalinya akan dilakukan di Kabupaten Kaur ini, Bupati Kaur sendiri sebelumnya sudah melakukan berbagai pertimbangan. Salah satunya jarak tempuh dari Kota Bengkulu terlalu jauh. Dimana jarak antara Kaur dan Kota Bengkulu 240 Km, artinya akan ada mobilisasi peserta dan keluarga peserta ke Bengkulu belum lagi ditambah dengan panitia. Hal ini tentu merepotkan peserta dan panitia. Selain itu juga jika digelar di Kaur, tentu ini menjadi pendapatan Kaur, artinya banyak aspek yang diuntungkan.

“Kalau soal masalah teknis di sini kita tidak terlalu membutuhkan teknis yang mendasar, kita menggunakan server UNBK Kemendikbud, sedangkan untuk teknisi kita pihak ketigakan. Juga soal anggaran, sebelumnya sudah kita anggarkan dan kini kita tidak adalagi kendala, dan itinya kita siap menggelar tes CPNS secara mandiri,” terangnya.

Ditambahkan Sekda, untuk masalah teknis mulai dari pemasangan jaringan dan lainnya nanti akan dilakukan dengan sistem sewa, termasuk juga komputer yang juga menyewa dengan pihak ketiga. Juga dalam pelaksanaan tes CPNS ini nanti pengawasan dan teknis lain selain dipantau oleh Kemendikbud, Menpan RB dan BKN juga ditangani langsung oleh UNPAD Bandung.

“Nah untuk pelaksanaan tes CPNS kita usulkan tanggal 5 November 2018, tapi untuk jadwal pastinya kita menunggu petunjuk dari Kemendekbud, dan nanti jadwalnya akan kita umukan di website kita,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala BKD Kaur Asman Suhadi SP juga menyampaikan, untuk dari pendaftar online sebanyak 3.063 orang yang lulus administrasi tak mengalami perubahan sebanyak 2.921 orang. Nah dari jumlah itu hingga kemarin hanya sebagaian kecil lagi yang belum mengambil nomor.

Dimana sampai kemarin sore dari 2.921 pelamar CPNS Kaur itu sudah 2.049 orang artinya masih sekitar 872 pelamar lagi belum mengambil nomor tes CPNS. Juga petugas akan tetap menunggu hingga pukul 24.00 WIB. Nah jika tak juga diambil maka dinyatakan gugur dan tak bisa mengikuti Ujian.

“Nah soal alokasi formasi disini kita sampaiikan bersaing dengan unit kerja masing-masing, tapi kelulusan tetap sesuai passing grad. Nah soal peserta yang tidak ambil nomor hingga pukul yang telah kita tentukan maka yang bersangkutan kita angap gugur, tapi mudah-mudahan semua ngambil nomor,” pungkasnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: