Sehari, 5 Warga Terjangkit DBD

Sehari, 5 Warga Terjangkit DBD

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Lebong meningkat drastis.Bahkan, kemarin (24/10), sebanyak 5 warga harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, karena terjangkit DBD. Rincianya, 2 pasien dari Desa Selebar Jaya Kecamatan Amen dan 3 orang warga Desa Tabeak Dipoa Kecamatan Lebong Sakti.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman SKM mengatakan, kelima korban DBD diketahui dari hasil pemeriksaan uji laboratorium oleh tim medis.“Saat ini kelima orang pasien masih dirawat secara intensif di RSUD,” jelasnya, kemarin (24/10).

Menurutnya, penanganan yang dilakukan pihaknya langsung turun ke lapangan untuk melakukan fogging untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa. Selain itu, juga dilakukan pembagian bubuk abate.

“Hari ini (24/10), kita langsung turun melakukan fogging dan membagikan bubuk abate kepada warga di Selebar Jaya dan Tabeak Dipoa,” ujarnya.

Selain melakukan foging dan pembagian bubuk abate, Dijelaskan Rachman, pihaknya juga melakukan pemberantasan sarang nyamuk di rumah-rumah warga.

“Banyaknya jentik nyamuk di Desa Selebar Jaya, terlihat dari 10 kasus yang terjadi di bulan Oktober ini, 7 kasus terjadi di Desa Selebar Jaya,” tuturnya.

Dijelaskannya, Kecamatan Lebong Selatan, Amen, LebongTengah dan Lebong Utara merupakan kawasan padat penduduk. Sehingga rawan terjangkit kasus DBD tersebut. “Nyamuk Aedes Aegypti tempat berkembang biaknya di tempat air yang bersih,” ujar Rachman.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: