Seluruhnya Direnovasi

Seluruhnya Direnovasi

TAHUN 2018 ini, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong melakukan renovasi terhadap seluruh Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi dari BBI, terutama untuk pengadaan bibit ikan.

\"Tahun ini seluruh BBI yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini kita perbaiki,\" sampai Plt Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Aryanto.

Dijelaskan Aryanto, jumlah BBI yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sendiri ada 4 yaitu BBI Rimbo Recap, BBI Dusun Baru, BBI Babakan Baru dan BBI Belumai. Dimana menurutnya kondisi keempat BBI miliki Kabupaten Rejang Lebong tersebut sudah banyak yang bocor sehingga perlu dilakukan perbaikan untuk memaksimalkan fungsi dari BBI itu sendiri.

\"Perbaikan perlu kita lakukan, karena kondisi kolam-kolam yang ada saat ini sudah banyak yang bocor dimakan usia,\" paparnya.

Untuk biaya perawatan atau renovasi dari keempat BBI yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Aryanto sebesar Rp 900 juta. Dengan adanya perbaikan BBI di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, maka untuk saat ini pembenihan yang selama ini mereka lakukan diempat BBI tersebut terpaksa mereka hentikan sementara.\"Karena dalam proses perbaikan ini kolam kita keringkan dan induk-induk kita satukan, sehingga untuk pembenihan ikan kita hentikan sementara,\" jelas Aryanto.

Namun menurut Aryanto, saat ini proses perbaikan atau renovasi sejumlah kolam BBI tersebut sudah selesai mereka lakukan, sehingga dalam waktu dekat ini proses pembenihan atau pembibitan ikan akan mereka mulai kembali.

Di sisi lain, khususnya untuk BBI Belumai yang beberapa waktu lalu beberapa kolamnya sempat terkena banjir bandang, menurut Aryanto belum bisa mereka lakukan perbaikan secara keseluruhan karena keterbatasan anggaran yang mereka miliki.\"Untuk yang terkena banjir bandang, belum semuanya kita perbaikan karena terbatas dengan anggaran,\" paparnya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: