Cegah Penyebaran Penyakit Ngorok

Cegah Penyebaran Penyakit Ngorok

Sapi Warga Divaksin

KEDURANG ILIR, Bengkulu Ekspress- Bidang Peternakan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS) terusa berupaya mengatasi kelurahan para peternak di Bengkulu Selatan. Diantaranya mengantisipasi penyebaran penyakit ngorok atau Septiceamia Epizootica (SE) pada ternak sapi.

“ Saat ini kami rutin memberikan vaksin SE pada ternak,” kata Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip SP MM melalui Kabid Peternakan, Inbima Kasiri SPt saat memberikan vaksin SE di Desa Sukajaya, kedurang Ilir, Kamis (11/10).

Inbima mengatakan kemarin, pihaknya memberikan vaksin sapi warga di Desa Sukajaya, kedurang Ilir. Hal ini Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ngorok. Pasalnya warga khawatir ternaknya terjangkit penyakit ngorok. Sebab penyakit tersebut sangat berbahaya bagi ternak karean mematikan.

“ Sebanyak 14 ekor sapi kami beri vaksin SE,” ujarnya.

Inbima menambahkan, sebelumnya pihaknya rutin turun ke lapangan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit jembrana. Sebab sebelumnya diduga banyak ternak yang mengidap penyakit jembrana. Dengan banyaknya penyakit yang dapat mengancam ternak di Bengkulu Selatan, Inbima mengimbau para peternak dapat mengandangkan ternaknya. Sebab penularan penyakit pada ternak lantaran ternak dilepas.

Sehingga ternak yang pengidap penyakit dan yang sehat bergabung dan pada akhirnya ternak yang sehat tertular dari penyakit ternak yang sakit.“ Jika ada ternak yang sakit, segera laporkan pada kami, dan kami siap ke lapangan memberikan vaksinasi,” imbau Inbima. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: