Peluang Ekspor Jeruk Gerga

Peluang Ekspor Jeruk Gerga

\"jeruk\"TUBEI, BE - Setelah menjadikan jeruk gerga sebagai simbol Kabupaten Lebong, kali ini Dirjen Hortikultura RI berencana akan mencoba membuka peluang ekspor jeruk gerga tersebut untuk dijual ke manca negara.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Lebong, Ir Rudi Panca Warman kepada wartawan kemarin, jika jeruk gerga tersebut sangat memiliki potensi untuk di ekspor ke luar negeri.

Dijelaskannya, varietas jeruk gerga bisa dikategorikan jeruk unggul di Indonesia dan diperkirakan belum ada tandingannya. Rencana ekspor ini diawali dengan memamerkan atau menjual jeruk gerga dengan jumlah tertentu di stand-stand pameran di luar negeri. Minimal bisa diperkenalkan terlebih dahulu jeruk gerga yang baru ada di Kabupaten Lebong, khususnya di Kecamatan Rimbo Pengadang.

\"Kalau nanti sudah bisa dipastikan pangsa pasar dan permintaannya di pasar ekspor, barulah ditargetkan berapa banyak jumlah ekspor jeruk gerga tersebut,\" jelas Rudi.

Dengan direalisasikannya wilayah pengembangan jeruk gerga di Kabupaten Lebong, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasar minimal untuk wilayah Provinsi Bengkulu terlebih dahulu. \"Seiring berjalannya waktu dan perkembangan pengembangan jeruk tersebut, diharapkan kedepan bisa memenuhi pasar ekspor nantinya,\" pungkas Rudi.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: