Irigasi Diperbaiki

Irigasi Diperbaiki

TERKAIT dengan kerusakan irigasi di Kelurahan Karang Anyar akibat banjir beberapa waktu lalu, dalam waktu dekat ini akan diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Rejang Lebong. \"Untuk irigasi yang jebol akibat banjir di kawasan Karang Anyar beberapa waktu lalu akan segera kita perbaiki,\" sampai Kepala Dinas PUPRPKP Rejang Lebong, Yusran Fauzi ST melalui Kepala Bidang Pengairan, Akhyar ST.

Dijelaskan Akhyar, perbaikan irigasi yang jebol sepanjang 10 meter tersebut harus segera dilakukan perbaikan karena mempengaruhi suplai air untuk puluhan hektar sawah dikawsan Karang Anyar dan sekitarnya. Disampaikan Akhyar dana perbaikan irigasi tersebut mereka usulkan dalam APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018 bersamaan dengan perbaikan tiga irigasi lainnya.

\"Anggaran perbaikan irigasi di Karang Anyar ini kita usulkan bersamaan dengan perbaikan irigasi lainnya pada APBD Perubahan kemarin,\" tambah Akhyar.

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar juga mengungkapkan pada tahun 2018 ini. DPUPRPKP Rejang Lebong melakukan perbaikan lima irigasi. Lima irigasi yang akan diperbaiki tersebut, yaitu irigasi Air Malas yang ada di Desa Durian Mas Kecamatan Kota Padang.

Perbaikan yang dilakukan pada irigasi Air Malas ini yaitu mulai dari bendungan irigasi hingga saluran irigasi sepanjang 150 meter dengan anggar Rp 1 miliar. Saluran irigasi di Air Malas ini sendiri untuk mengairi sekitar 600 hektar sawah dikawasan tersebut, perbaikan dilakukan, karena bila tidak segera ditangni dikhawatirkan bendungannya akan jebol.

Kemudian irigasi kedua yang ada diperbaiki yaitu irigasi Air Latang yang juga ada di Desa Durian Mas Kecamatan Kota Padang. Perbaikan irigasi ini juga rehab bendungan dan saluran sekitar 300 meter dengan anggaran sekitar Rp 450 juta, irigasi ini mengairi persawahan warga sekitar 30 hektar.

Selanjutnya, irigasi Air Kelingi yang ada di Desa Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi. Perbaikan yang dilakukan yaitu memperbaki saluran sepanjang 400 meter dengan angagran sekitar Rp 1 miliar. Perbaikan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air untuk 120 hektar lahan dari 600 hektar lahan yang bisa dialiri saluran irigasi Air Kelingi.

Irigasi yang diperbaiki lainnya yaitu irigasi Air Duku Kejalo yang ada di Desa Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang. Perbaikan yang dilakukan yaitu perbaikan saluran irigasi sepanjang 300 meter dengan anggaran Rp 688 juta, dimana saluran yang diperbaiki tersebut bisa mengairi sawah seluas 100 hektar dari 125 hektar sawah dikawasan tersebut.

Yang terakhir adalah perbaikan pelapis tebing irigasi di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan. Pelapis tebing yang akan dibangun tersebut dengan pancang 40 meter dan tinggi 6 meter menggunakan anggaran sebesar Rp 500 juta. Pembangunan pelapis tebing ini perlu, karena menurut Akhyar bila tidak dilakukan maka saluran irigasi akan terancam.

\"Perbaikan irigasi tahun 2018 ini bersumber dari DAK 2018 ini dengan total anggaran mencapai Rp 3,7 miliar,\" terang Akhyar.

Dengan adanya perbaikan sejumlah irigasi di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, Akhyar berharap bisa selesai tepat waktu dan pada tahun 2019 sudah bisa dinikmati oleh petani untuk menunjang hasil pertanian khususnya padi sawah.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: