Perangkat Desa Ditatar Kelola DD

Perangkat Desa Ditatar Kelola DD

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur menggelar pelatihan pengelolahan keuangan Dana Desa (DD) menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) kepada perangkat desa. Hal ini bertujuan agar perangkat desa memiliki pengetahuan serta pemahaman dalam penggunaan keuangan.

“Pelatihan Siskeudes bagi aparatur pemerintah desa ini dibagi dua tempat, yakni di gedung BDC dan diaula MAN Kaur,” kata Kepala PMD Kaur Asmawi S Ag MH melalui Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tardi Setiawan S Sos, saat membuka pelatihan kemarin (4/10).

Dikatakan Tardi, pelatihan yang akan dilaksanakan selama satu hari ini diikuti sebanyak 250 peserta yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris serta operator di 192 desa se kecamatan di Kaur. Menurutnya aplikasi Siskudes ini sangat membantu pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan terhadap desa dan dalam penyusunan laporan keuangan dimana kompilasi laporan keuangan desa merupakan bagian dari laporan keuangan pemerintah daerah.

”Pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas, sehingga pengelolaan keuangan desa dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Ditambahkannya, pelatihan dilaksanakan bertujuan agar para peserta memahami aturan tentang mengelola keuangan desa dan memiliki keterampilan mengoperasikan aplikasi Siskeudes. Sehingga dengan pelatihan ini tidak ada lagi perangkat desa yang tidak mau cara mengisi Siskudes.

“Kalau sudah memahami apa yang sudah diarahkan oleh narasumber, tentunya peserta juga mengerti tentang cara pengelolaan keuangan desa agar dapat terlaksana secara transparan,” jelasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: