PPI Muara Sambat Dipindah

PPI Muara Sambat Dipindah

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress - Tidak dapat berfungsinya Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Muara Sambat (MS) Kabupaten Kaur dalam beberapa tahun terakhir, memaksa pemerintah untuk melakukan pemindahan. Direncanakan dalam waktu dekat PPI Muara Sambat akan dialihkan ke pelabuhan Pasar Lama (PS) bahkan saat ini sudah masuk dalam tahapan survey kelayakan.

“Kita pindahkan beberapa hari lalu pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu sudah melakukan pengecekan mereka akan mengucurkan dana awal dari APBD Provinsi Bengkulu,” kata Kepala Dinas Perikanan Kaur Edwar Heppy S Sos kemarin, (2/10).

Dikatakannya, DKP Provinsi Bengkulu dalam tahap awal ini mengucurkan dana Rp 1 Miliar untuk pemasangan talud atau brack water di pelabuhan Pasar Lama. Sebab nelayan mengeluhkan perahu tidak bisa dimasukan dalam alur sungai karena terjadi pendangkalan. Nantinya akan dikucurkan dana lanjutan untuk proses pengerukan dan juga dana untuk pembuatan dermaga nelayan.

“PPI Muara Sambat akan kita fungsikan untuk kantor, kedepannya statusnya akan kita hapus dari PPI menjadi komplek perkantoran saja,” imbuhnya.

Ditambahkannya, pengalihan status ini lantaran PPI muara Sambat setiap tahunnya selalu tak bisa dipergunakan. Hal ini karena masih diperlukan dana yang cukup besar untuk melakukan pengerukan. Belum lagi kondisi bangunan lama yang setiap tahunnya selalu membutuhkan perawatan sehingga dana yang dibutuhkan cukup besar. “Untuk saat ini tak ada nelayan yang berani mendarat di PPI Muara Sambat karena kondisi pelabuhan yang belum memungkinan sehingga akan kita pindahkan ke pasar lama,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: