PPJ Masuk Kasda dan jadi PAD

PPJ Masuk Kasda dan jadi PAD

TAIS, Bengkulu Ekspress - Sorotan DPRD Seluma terhadap minimnya penerangan lampu jalan di Kabupaten Seluma.Padahal Pajak Penerangan Jalan (PPJ) selalu disetor PLN ke Pemkab Seluma, dengan nilai cukup besar. Mendapat tanggapan Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Irihadi MSi. Sekda angkat bicara, hasil PPJ tidak ada kebocoran ataupun menguap, akan tetapi masuk ke kas daerah (kasda) dan menjadi pendapatan asli daerah (PAD).

\"Pertanggungjawaban jika sudah masuk kas daerah tinggi. Lagipula setiap tahun ada perda realisasi pendapatan,” tegasnya.

Sekda menolak PPJ didga mengalami kebocoran. Menurutnya, kebocoran pantas dicurigai bila PPJ itu masuk ke rekening pejabat. Realitanya PPJ itu masuk ke kasda, kecil kemungkinannya bisa diambil untuk kepentingan pribadi pejabat Seluma. Bahkan setiap keluar masuk uang ke kasda harus jelas dan dipertangungjawabkan secara mendetail.

Terkait selisih setoran PPJ yang dipertanyakan DPRD Seluma, antara setoran PLN 2017 Rp 4,9 miliar dan Laporan Bupati Seluma sebesar Rp 3, 2 miliar. Sekda menyatakan bakal memanggil PLN untuk bandingkan dengan data bukti transfer dan penerimaan ke kasda.

\"Kita sudah kirim surat ke PLN, nanti kita bandingkan bukti setoran PLN dan rekening koran kasda. Kalau memang selisih maka kita akan tanyakan apa salah data atau kemana nanti kita tanyakan ke BPKD,\" ujar sekda.

Menurut sekda, PPJ itu kewajiban PLN yang ditarik dari pembayaran biaya listrik masyarakat dan dikirim ke kasda. Dengan peruntukan untuk pembayaran lampu penerangan jalan umum (LPJU) dan biaya operasional kantor atau program yang tidak didanai DAU (dana alokasi umum) maupun dana alokasi khusus (DAK).

\"Ditahun 2015 PLN langsung memotong PPJ untuk pembayaran LPJU, karena tidak diperbolehkan lagi oleh BPK maka PPJ dikirim langsung ke kasda dan daerah yang membayar PPJ ke PLN yang diperuntukkan untuk pembayaran LPJU dan Oprasional Kantor, yang tidak dibiayai DAU dan DAK, \" jelas Irihadi. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: