Pemkab Suntik Dana Rp 12 M

Pemkab Suntik Dana Rp 12 M

Untuk PDAM Tirta Dharma

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk memajukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Rejang Lebong, pada tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan menyuntikkan dana mencapai Rp 12 miliar. \"Untuk tahun 2019 nanti, kita akan anggarkan Rp 12 miliar untuk memperbaiki PDAM Tirta Dharma,\" sampai Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi.

Anggaran sebesar Rp 12 miliar sendiri, menurut bupati merupakan permintaan langsung dari Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong. Bahkan menurut bupati, anggaran tersebut rencananya akan diberikan tahun 2018, namun karena anggaran tidak bisa diubah lagi, sehingga terpaksa dianggarkan ditahun 2019.

\"Untuk tahun ini rencana kita akan diberi Rp 3 miliar dulu, namun ibu direktur minta sekaligus saja, sehingga baru kita anggarkan secara keseluruhan tahun 2019 mendatang,\" sampai bupati.

Terkait dengan penggunaan anggaran sendiri, bupati mengaku teknis penggunaannya diberikan sepenuhnya kepada manajemen PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong untuk mengelolanya. Namun menurut bupati yang paling utama adalah untuk mendukung penyehatan PDAM Tirta Dharma yang menurut bupati selama ini sakit.

\"Yang jelas anggaran tersebut untuk penyehatan dulu, nanti kalau sudah sehat, PDAM bisa mencari duit untuk memberikan PAD bagi daerah,\" sampai bupati.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, Orin Retnowati ST MT mengaku bila nanti Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan DPRD Rejang Lebong sepakat untuk menyuntikkan anggaran sebesar Rp 12 miliar ke PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong.

Maka menurutnya, dana tersebut nantinya akan digunakannya untuk membangun jaringan baru khususnya untuk program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Karena menurut Orin, selama ini air milik PDAM Tirta Dharma sangat melimpah namun karena kurang bagusnya manajemen air sehingga masih banyak air yang terbuang. \"Anggaran tersebut akan kita gunakan untuk membangun jaringan baru dari sejumlah sumber air baku kita, karena selama ini banyak air yang terbuang,\" paparnya.

Sementara itu, untuk program MBR, dengan anggaran yang ada tersebut, Orin mengaku bisa mengakomodir sebanyak 3.500 sampai 4 ribu pelanggan baru. Perluasan jaringan tersebut, menurut Orin akan mereka lakukan merata di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong terutama di daerah yang selama ini belum tersentuh aliran PDAM sama sekali, salah satunya Desa Lawang Agung yang ada di Kecamatan Sindang Beliti Ulu, dimana menurutnya warga di kawasan tersebut masih mengandalkan air sungai untuk kebutuhan air bersihnya.

\"Kita akan menyasar seluruh kecamatan yang ada di Rejang Lebong terutama daerah yang warganya masih mengandalkan sungai salah satunya di Desa Lawang Agung,\" papar Orin. Dengan adanya suntikan dana tersebut, Orin berharap bisa menyehatkan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan serta bisa menyumbang PAD bagi Kabupaten Rejang Lebong.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: