Manfaatkan Lahan Tidur

Manfaatkan Lahan Tidur

\"BupatiRIMBO PENGDANG,BE - Kondisi hutan di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang dan Topos yang rusak menjadi perhatian serius Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi. Agar kerusakan hutan ini tidak menimbulkan bencana, maka langkah penghijauan akan segera dilakukan. Bupati meminta warga untuk bisa menjaga hutan. Untuk lahan pertanian, diharapkan warga memanfatkan lahan tidur yang ada di kiri dan kanan jalan sepanjang Air dingin hingga ke Kecamatan Lebong Selatan.

\"Penghijauan akan segera kita lakukan, karena sumber air untuk lahan pertanian kita sebagian besar berada diwilayah kecamatan rimbo Pengadang dan Topos. Jika sumber air itu hilang maka dampaknya akan besar terhadap pertanian,\" jelas Rosjonsyah. Selain itu diharapkan masyarkat tidak lagi melakukan perambahan kawasan hutan untuk lahan pertanian.

Keberadaan lahan tidur di dua kecamatan itu bisa dimanfaatkan secara maksimal di lokasi penyangga hulu sungai Ketahun.Tujuannya sebagai sumber pengairan utama 5000 hektar lahan persawahan di Kecamatan Lebong selatan hingga kecamatan Lebong utara.

\"Di wilayah Rimbo Pegadang dan Topos masih banyak lahan kosong dan lahan tidur, saya berharap lahan ini dimanfaatkan, apalagi program penanaman jeruk gerga (jeruk Lebong) seluas 250 hektar akan kita lakukan di wilayah ini,\" katanya.

Ditambahkannya, pemkab saat ini sedang berupaya mengajukan izin hutan kemasyarakatan (HKM) seluas 500 hektar di 2 kecamatan tersebut sehingga nantinya bisa di kelola oleh masyarakat.

\"Jika hutan kemasyarakatan ini dikabulkan maka warga di wilayah ini bisa mengelolanya. Tapi untuk mengeluarkan izin HKM ini memerlukan waktu. Mudah-mudahan izin tersebut segera dikeluarkan pemerintah pusat secepatnya,\" demikian Rosjonsyah.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: