120 Warga Daftar Operasi Katarak

120 Warga Daftar Operasi Katarak

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 120 orang warga Kabupaten Lebong mendaftarkan diri untuk mengikuti operasi Katarak yang nantinya akan dilaksankan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksankan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong yang bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman SKM mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan operasi katarak, Dinkes Lebong diminta Dinkes Provinsi Bengkulu untuk menyiapkan pasien yang akan mengikuti operasi dan telah terkumpul sebanyak 120 orang.

“Jumlah tersebut melampaui dari jumlah minimal sebanyak 100 orang yang diminta,” jelasnya, kemarin (16/09).

Dimana saat ini dari 120 orang warga yang telah mendaftar, sebanyak 115 data pendaftar telah disampaikan ke Dinkes Provinsi, sementara 5 orang lagi yang baru mendaftar akan segera menyusul.

“Pembukaan pendaftaran akan kita terima hingga akhir bulan Oktober mendatang, karena pelaksanaannya akan dilakukan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HPN),” sampainya.

Akan tetapi, dalam mengikuti operasi katarak, dirinya tidak menjamin seluruh pendaftar semuanya bisa dioperasi. Memang pada pendaftaran pertama di masing-masing puskesmas semuanya diterima. Namun pada saat pelaksanaan operasi mendatang, tim dokter kembali akan melakukan skrining atau pemeriksaan lanjutan.“Karena banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa dilakukan operasi,” ujarnya.

Adapun pemeriksaan lanjutan yang dilakukan tim dokter seperti melihat apakah katarak sudah memang harus dioperasi atau belum, serta apakah bisa dilakukan operasi pada saat pelaksanaan, karena jika nantinya diketahui telah katarak total maka pasien akan dikirim atau diarahkan ke RS lain. “Selain itu juga memeriksa kadar gula darah, teanan darah serta pemeriksaan lainnya,” tuturnya

Setelah dilakukan pemeriksaan, maka akan ditentukan apakah pasien bisa langsung dioperasi atau tidak pad asaat pelaksanaan. Jika tidak maka operasi akan ditunda setelah syarat operasi bisa dipenuhi.“Memang opeerasinya di mata, namun syarat tersebut harus dipenuhi karena akan menentukan keberhasilan operasi nanti,” tutup Rachman.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: