Konsisten Gelar Festival Pariwisata

Konsisten Gelar Festival Pariwisata

Doni/BE MINUM KOPI: Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid MM mempromosikan gerakan minum 1000 cangkir kopi dalam pembukaan acara Festival Bukit dan Lembah Kabupaten Kepahiang 2018.

KABAWETAN, Bengkulu Ekspress - Program Wonderful Bengkulu 2020 sudah dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Bahkan, Gubernur sudah memasukan agenda tersebut dalam RPJMD Provinsi Bengkulu hingga tahun 2025 mendatang. Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat membuka festival Bukit dan Lembah Kabupaten Kepahiang, Senin (10/9) di wilayah perkebunan teh Kabawetan menegaskan, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang dan jajaran dapat konsisten melaksanakan festival. Sehingga kedepan bisa menjadi ciri khas daerah dimata internasional.

\"Kalau mau jadi ikon atau ciri khas, maka kegiatan harus dilaksanakan secara konsisten. Dan tempatnya tidak pindah-pindah serta barang yang disajikan juga harus mencerminkan khas bukit dan lembah yang menjadi ciri khusus dari Kabupaten Kepahiang,\" ujar Rohidin.

Ia mengharapkan, pemerintah daerah dapat mengkemas berbagai kegiatan dalam festival bukit dan lembah secantik mungkin. Sehingga, dirinya dapat mempersentasikan keunggulan daerah ke Kementerian Kepariwisaatan.

\"Untuk jadi, festival atau event nasional itu butuh waktu cukup lama. Tapi saya yakin jika sudah konsisten dilaksanakan maka kedepan event kepariwisataan yang ada di Provinsi Bengkulu akan sangat dikenal oleh masyarakat luar dan internasional,\" tegas Rohidin.

Gubernur mengajak, seluruh insan pers dan masyarakat agar senantiasa mempromosikan keunikan-kunikan alam daerah. Supaya kedepan, keindahan alam seperti di Kabupaten Kepahiang bisa terkenal dimanca negara. Sehingga Bengkulu bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata dari masyarakat luar. \"Di Bengkulu Selatan ada, di Mukomuko ada dan Rejang Lebong ada. Sekarang di Kepahiang juga ada festival bukit dan lembah, jadi setiap bulannya ada festival di Provinsi Bengkulu. Orang laur saja kalau mau mengetahui kondisi diperbukitan dan lembah akan datang ke Kepahiang,\" ungkapnya.

Rohidin menegaskan, jika tahun 2020 mendatang bukanlah puncak dari program wonderful Bengkulu. Melalui star awal bagi seluruh pemerintah daerah untuk dapat mengembangkan kepariwisataan yang menjadi andalan supaya dapat dikenal masyarakat luar. \"Jika daerah kita sudah menjadi tujuan wisata maka akan sangat berdampak pada peningkatan perekonomian,\" tegasnya.

Sementara Bupati, Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM menegaskan, jika pembangunan di sektor pariwisata menjadi salah satu sektor fokus pemerintah sejak tiga tahun terakhir. Bahkan untuk Kabawetan pemerintah membangun race area, kamar mandi umum serta sarana pendukung lainnya. \"Kita sudah sekarang untuk outlet dagang sedang dibangun yang akan menjual pernak pernik khas Kepahiang. Serta ada race area, serta kebutuhan lainnya saat ini sedang berjalan pembanguannya,\" kata Bupati.

Bupati mengharapkan, agar pemerintah Provinsi Bengkulu dapat membangun akses jalan menuju kawasan pariwisata Kebun Teh Kabawetan. Sebab jalan yang merupakan wewenang Pemprov Bengkulu tersebut sangat sempit sehingga membuat macet saat antusias kunjungan masyarakat ke kebun teh meningkat. (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: