Rastra Segera Dibagikan

Rastra Segera Dibagikan

TAIS, Bengkulu Ekspress - Penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) periode September dibagikan pada 12 hingga 14 September mendatang. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kembali seperti semula. Dengan jumlah penerima KPM sebanyak 16.366. Mengalami perubahan dari Agustus lalu yang menurun hanya sebanyak 16.106 KPM.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seluma Ir Titik Sumila kepada BE menuturkan,

\"September ini, jumlah penerima Rastra kembali seperti periode Juli dengan jumlah 16.366 KPM. Sebelumnya, pada Agustus lalu sempat mengalami penurunan jumlah KPM.\"

Penyaluran Rastra kali ini sama seperti bulan sebelumnya. Disampaikan melalui kecamatan masing-masing. Kemudian kecamatan menyalurkannya kepada desa atau kelurahan. Setelah itu, baru disalurkan kepada penerima Rastra di setiap desa dan kelurahan.

Dalam kesempatan ini, Titik Sumila juga mengimbau, agar warga yang mengambil Rastra langsung kepala keluarga, agar tidak terjadi hal yang tidak dikehendaki.

Disampaikan, untuk pergantian KPM haruslah dilakukan musyawarah desa. Hanya saja, Dinsos terlebih dahulu mengusulkannya ke Kementrian Sosial agar dilakukan verifikasi ulang sebelum usulan diterima.

“Kita menerima perubahan KPM ini dari desa setelah dilakukan musyawarah desa terkait penerima KPM ini dan kita usulkan kembali ke kementrian,” sampainya.

Perubahan dan pencoretan KPM juga mengacu pada tingkat dan taraf ekonomi warga semakin meninggat dan sudah layak sehingga tidak masuk kepada kreteria KPM. Selain itu juga disebabkan ditemukannya KPM ganda dan KPM sudah meninggal dunia, serta KPM sudah pindah tempat tinggal ke daerah lain. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: