Dua Jembatan Rusak Dianggarkan

Dua Jembatan Rusak Dianggarkan

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Pemda Bengkulu Selatan (BS) akhir tahun ini telah menganggarkan dana untuk perbaikan jembatan yang ambruk di Palak Sarak menuju Padang Panjang, Kota Manna dan Pengaman Desa Maras, Air Nipis. Bahkan dana yang dianggarkan mencapai ratusan juta.

“ Untuk perbaikan dua bencana alam tersebut dianggarkan dana pada APBDP 2018 sebesar Rp 300 juta,” kata Wakil Ketua 1 DPRD Bengkulu Selatan, Susman Hadi SP MM.

Susman mengatakan, hal itu diketahui berdasarkan hasil pembahasan badan anggaran (Banggar) DPRD BS bersama eksekutif beberapa waktu lalu dan saat ini memasuki tahapan pembahasan RAPBDP 2018. Pada RAPBDP 2018, untuk perbaikan jembatan permanen ambruk di Palak sarak sebesar Rp 200 juta dan Pengaman Desa Maras dari amukan Sungai Air Nipis sebesar Rp 100 juta.“ Jika nanti masih kurang, akan dianggarkan pada APBD 2019,” ujarnya.

Susman menjelaskan, khusus untuk jembatan Palak Sarak, jalan dekat jembatan tersebut amblas terjadi 15 Juni lalu saat hari raya idul Fitri. Saat ini kendaraan harus berhati-hati saat melintas, sebab hampir separoh badan jalan amblas. Sedangkan Desa Maras, Air Nipis abrasi terjadi lantaran sungai Air Nipis alurnya mengarah ke pemukiman warga. Bahkan sudah ada bagian dapur rumah warga yang hanyut akibat dihantam arus.

“ Khusus untuk Air Nipis, nanti akan dilakukan pemindahan arus sungai agar menjauhi pemukiman,” imbuhnya.

Adapun saat ini, RAPBDP 2018 sedang dalam pembahasan. Susman memperkirakan sebelum akhir September APBDP 2018 sudah ketuk palu. Sehingga kegiatan dapat segera dimulai dan bisa selesai tepat waktu.“ Untuk APBDP 2018, kami menargetkan paling lambat 25 September sudah ketuk palu,” demikian Susman. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: