Terima Kucuran Rp 20 Miliar

Terima Kucuran Rp 20 Miliar

\"KADINKESBINTUHAN, BE- Dinas Kesehatan Kaur akan menerima kucuran dana Rp 20 miliar dari tiga Kementrian yakni Kementrian Pembangunan Daerah Terpencil (PDT), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementrian Keuangan (Kemenkeu).

Dana  diperuntukan optimalisasi pelayanan  kesehatan, diantaranya RSUD Kaur, Pukesmas Raawat Inap, Alkes dan Kegiatan lainnya menunjang kesehatan.

\"Saat ini dana tersebut masih dibahas ditingkat pusat, dan benar jumlahnya Rp 20 miliar lebih. Namun untuk apa saja kegunaanya yang jelas untuk kepentingan kesehatan,\" ujar Kadinkes Kaur dr Marlena,  kemarin.

Dikatakan Marelena, pihaknya belum tahu berapa rincianya dari ketiga kementrian tersebut, namun dana itu bersumber dari APBN tahun 2013 ini. Nantinya bisa digambarkan biasanya jika aliran dana itu dari KPDT, untuk membangun Poskesdes atau Pukesmas di daerah terpencil.  Jika sudah ada Poskesdesnya kemungkinan Alkes harus disiapkan.

Makanya saat ini masih  dalam tahap pemabahasan juklak-juknisnya, jika sudah rampung maka pihaknya bisa  menggambarkan kegiatan dari dana tersebut. \"Jika sudah turun kita akan bangun semuanya dalam pelayanan kesehatan, baik fisik dan non fisik,\" jelasnya.

Jika dana itu sebagian dari Kemenkes maka dana tersebut rencanaya akan diperuntukan kepada penerima Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Surat Pernyataan Miskin (SPM) akan mendapat kucuran dana. Namun berapa besarnya masih belum diketahui.

Jika sudah ada Jamkesda maka jumlahnya akan ditambah lagi.\"Dana itu digunakan untuk membiayai kesehatan gratis bagi warga pemegang Jamkesda dan SPM, khsusunya didaerah terpencil atau bagi warga yang belum ada Jamkesda,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: