TTIC Salurkan 9 Ton Beras

TTIC Salurkan 9 Ton Beras

Didistribusikan Setiap Bulan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Provinsi Bengkulu akan menyalurkan beras ke kabupaten/kota di Bengkulu sebanyak 9 ton perbulan untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir Ramlan mengatakan, sebagai upaya memudahkan konsumen menjangkau komoditas pangan yang langsung berasal dari Gapoktan atau Lembaga Usaha Pangan Masyarakat, sekaligus memberikan kesempatan suplair pangan, dalam memasarkan langsung komoditasnya, serta upaya pengendalian harga, dibentuk TTIC Provinsi Bengkulu.

\"Setiap bulannya TTIC akan menyalurkan beras sebanyak 9 ton kepada masyarakat, dengan tujuan untuk menjaga ketersediaan pasokan, dan akses dalam mendapatkan pangan murah,\" kata Ramlan, kemarin (4/9).

Seperti diketahui, harga beras di pasar terkadang terjadi disparitas atau perbedaan antara konsumen dan produsen. Sehingga mengakibatkan keuntungan tidak proporsional antara pelaku usaha.

\"Untuk itu, diperlukan keseimbangan harga yang saling menguntungkan baik ditingkat produsen maupun konsumen,\" ujar Ramlan.

Belum lagi, permasalahan gejolak harga saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah, sehingga akan mempengaruhi kesejahteraan petani, sebagai produsen pangan maupun masyarakat luas dan selaku konsumen akhir.

Oleh karena itu, stabilisasi harga pangan menjadi salah satu tujuan prioritas dalam pembangunan daerah Provinsi Bengkulu.

\"Keberadaan TTIC ini akan memprioritaskan harga yang terjangkau, ketersediaan pasokan dan kemudian akses dalam mendapatkan pangan murah. Apalagi keberadaan TTIC ini diyakini bisa mengendalikan pengaruh inflasi di Bengkulu,\" terang Ramlan.

Ditambahkan Ramlan, Toko sembako yang dibentuk oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu ini telah memiliki 11 cabang atau mengalami pertumbuhan dari tahun 2016 yang hanya 8 toko. 11 toko tani tersebut tersebar di Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma, Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong.

\"Khusus untuk Kota Bengkulu secara resmi akan dilakukan launching pada Kamis (6/9), di kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi di Jalan Basuki Rahmad Kota Bengkulu,\" tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir M H Sidiq Widodo menambahkan, bertepatan dengan kegiatan lauching TTIC Provinsi Bengkulu juga akan digelar kegiatan bazar atau pasar murah bahan pokok pangan, seperti beras, cabai merah, bawang putih serta merah, gula, tepung, minyak goreng, telur, daging ayam, daging beku, serta berbagai jenis makanan olahan, syur-sayuran dan buah-buahan.

\"Diimbau bagi masyarakat Bengkulu dan sekitarnya agar dapat memanfaatkan TTIC dan belanja pasar murah, yang akan dilakukan saat launching nanti. Mengingat khusus untuk bazar atau pasar murah bahan pokok pangan, hanya berlangsung selama satu hari. Silakan datang,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: