Madapi Dikoneksikan dengan Batu Betiang

Madapi Dikoneksikan dengan Batu Betiang

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dalam pengembangan objek wisata alam didalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) di Kabupaten Rejang Lebong, kedepannya pihak TNKS akan menghubungkan antaran objek wisata Air Terjun Batu Betiang dengan Hutan Madapi.

\"Kedepannya kita akan bangun objek wisata terpadu dikawasan ini, yaitu dengan menghubungkan antara Air Terjun Batu Betiang dengan Hutan Madapi ini,\" sampai Kepala Bidang Teknis, Balai Besar TNKS, Rusmanto saat pembukaan kegiatan Lomba Lintas Alam (LLA) di kawasan Hutan Madapi Desa Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) Minggu (2/8) pagi.

Dijelaskan Rusmanto, dengan dibangunnya kawasan wisata terpadu tersebut, maka menurutnya kedepannya kawasan TNKS yang ada di Kabupaten Rejang Lebong bisa menjadi lokasi wisata alternatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan yang sudah jenuh dengan obejk wisata yang ada. Terlebih lagi menurutnya kawasan Hutan Madapi dan Air Terjun Batu Betiang masih sangat alami sehingga memiliki nilai tersendiri bagi wisatawan.

\"Saya juga berharap kepada peserta Lomba Lintas Alam ini untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan potensi yang dimiliki kawasan Madapi ini,\" paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kawasan hutan Madapi yaitu Mahoni, Damar dan Pinus selain bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi. Hutan Madapi juga bisa dijadikan tempat penelitian khususnya penelitian mengenai burung, karena menurutnya dikawasan tersebut masih banyak ditemukan berbagai jenis burung.

Dalam kesempatan tersebut, Rusmanto juga berharap agar adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dengan TNKS dalam pemanfaatan kawasan TNKS sebagai lokasi wisata, karena dengan adanya sinergitas tersebut, maka menurutnya program pariwisata akan berjalan dengan baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan terus berkomitmen untuk bersinergi dalam memanfaatkan kawasan TNKS sebagai tempat wisata, salah satunya terkait dengan pembangunan jalan dan sejumlah fasilitas dikawasan Air Terjun Batu Betiang.

\"Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan terus berkomitmen mengembangkan pariwisata yang ada dikawasan TNKS,\" sampainya.

Kegiatan lomba lintas alam yang dilaksanakan Bidang Pengelolaan III TNKS Bengkulu-Sumatera Selatan kemarin diikuti oleh 19 tim. Dimana pesertanya berasal dari berbagai daerah dan sejumlah organisasi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pihak TNKS dalam memperkenalkan Hutan Madapi yang merupakan salah satu lokasi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: