Tim Ahli Cek Fisik Gedung PAUD

Tim Ahli Cek Fisik Gedung PAUD

\"CEKKOTA BINTUHAN, BE- Tim ahli dari universitas ternama di Sumetera bersama tim penyidik intel Kajari Bintuhan, kemarin bersama-sama melakukan cek fisik terhadap pembangunan gedung PAUD di Desa Gunung Terang Kecamatan Kinal.

Tim ahli tersebut didatangkan oleh kejaksaan untuk mengcek fisik bangunan senilai Rp 500 juta yang anggarannya bersumber dari APBN 2012.

Bangunan itu diduga menyalahi rancangan anggaran belanja (RAB) sehingga butuh pengecekan tim ahli untuk menghitungnya. \"Kita sudah melakukan pengecekan fisik dan ukuran bangunan tersebut, namun untuk hasilnya kita masih menunggu penghitungan tim ahli tersebut,\" ujar Kajari Bintuhan, HM Iwa Swia Pribawa SH melalui Kasi Intel, Romza Septiawan SH MH kepada BE, kemarin.

Dikatakan Romza, pengecekan fisik yang dilakukan tim ahli hanya memakan waktu 3 jam lebih. Cek fisik dimulai dari pondasi, tiang dan atap bangunan, kemudian pengukuran volume bangunan apakah sesuai dengan RAB atau tidak. Pengecekan itu tidak dilakukan sekali oleh tim ahli, namun berulang-ulang jika kemungkinan ada kesalahan. \"Hasil cek fisik nantinya akan dihitung dengan nilai anggaran bangunan tersebut, apakah sesuai atau tidak,\" jelasnya.

Usuai penghitungan selesai yang dilakukan tim ahli, kata Romza, maka pihaknya akan menyesuaikan dengan hasil keterangan saksi-saksi. Disana akan diketahui berapa kerugian negara, apakah besar atau kecil. \"Usai diketahui kerugian kita akan panggil saksi kembali lalu setelah itu kita akan tetapkan tersangkanya,\" jelasnya.

Diketahui, tim ahli didatangkan mengingat kejaksaan saat ini tengah mendalami kasus pembangunan PAUD di Kecamatan Kinal. Pembangunan gedung diduga mengurangi volume bangunan sehingga terindikasi adanya mark up anggaran. Ada 6 item pekerjaan yang tidak sesuai dengan RAB.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: