PDAM Kembali Distribusikan Air

PDAM Kembali  Distribusikan Air

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress - Pendistribusian air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akhirnya kembali dilakukan. Pipa intake yang sebelumnya terbakar sudah dilakukan perbaikan.

\"Perbaikan pada mesin pipa intake sudah selesai diperbaiki dan kita pasang. Dengan demikian, pendistribusian air sudah bisa dilakukan,\" ungkap Direktur PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Benteng, Siti Yuningsih AZ SE MH didampingi Kabag Teknik, Karnedi, kemarin (8/8).

Meski demikian, sambung Siti, pendistribusian belum bisa dilakukan sesuai dengan harapan masyarakat. Akibat sumber air yang berkurang, instalasi pengolahan air (IPA) milik PDAM yang ada di Desa Datar Talang Boseng terpaksa menerapkan sistem pemadaman bergilir di sejumlah desa. \"Karena sumber air sedikit, solusi satu-satunya adalah melakukan pemadaman bergilir,\" tambah Siti.

Hingga pertengahan tahun 2018 ini, PDAM Kabupaten Benteng telah memiliki 670 sambungan rumah (SR) atau pelanggan yang memanfaatkan IPA Talang Boseng. Ratusan pelanggan ini tersebar di 5 (lima) desa wilayah Kecamatan Pondok Kelapa. Yakni, Desa Talang Boseng, Bintang Selatan, Sidodadi, Talang Pauh dan Pekik Nyaring.

\"Pemadaman bergilir hanya dilakukan di 4 desa. Sedangkan di Desa Talang Boseng tetap bisa menyala dikarenakan Desa Talang Boseng berlokasi sebelum pipa pembagi,\" jelasnya.

Agar tak terjadi permasalahan dan protes dari masyarakat, Siti mengaku, manageman PDAM telah mengeluarkan surat edaran (SE) berisikan pemberitahuan kepada masing-masing Kepala Desa (Kades) yang mendapatkan layanan air PDAM. \"Laporan juga kita tembuskan ke Mapolsek Pondok Kelapa dan Polres Bengkulu Utara (BU). Pemadaman terpaksa kami lakukan karena debit air mengecil. Setelah sumber air kembali normal, pendistribusian akan kami lakukan secara normal kembali,\" tegas Siti.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: