Lulusan SPN Dikembalikan

Lulusan SPN Dikembalikan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum mengungkapkan bahwa lulusan dari SPN Bukit Kaba nantinya akan dikembalikan ke daerah asal mereka. Hal tersebut disampaikannya usai membuka Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri SPN Bukit Kaba Selasa (7/8) kemarin.

\"Setelah lulus pendidikan di SPN Bukit Kaba ini, mereka nanti akan kita kembalikan ke daerah masing-masing, seperti dari Kaur akan kita kembalikan ke Kaur, begitu juga dari kabupaten lain,\" terang jendral bintang 1 tersebut.

Menurut Kapolda, dikembalikannya para lulusan SPN Bukit Kaba ke daerah masing-masing, tak lain untuk mempermudah mereka dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri. Karena bila dikembalikan ke daerah asal mereka, mereka sudah mengenal wilayah, banyak mengenal warganya sehingga akan lebih mudah dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.\"Kita kembalikan ke tempat asal sehingga tidak menyulitkan mereka, kemudian mereka bisa dekat dengan keluarga dan lebih mengenal wilayah,\" paparnya.

Sementara itu, terkait dengan jumlah siswa di SPN Bukit Kaba yang pendidikannya dimulai kemarin, menurut Kapoda berjumlah 125 orang, total 136 orang yang lulus seleksi Bintara Polisi di Polda Bengkulu tahun 2018 ini. Dari 138 yang lolos seleksi di tingkat Polda Bengkulu tersebut, 125 orang menjalani pendidikan di SPN Polda Bengkulu, 10 orang di calon Polwan yang menjalani pendidikan di SPN yang ada di Ciputat Jakarta Selatan.

Sedangkan satu orang adalah lulusan Bakomsus jurusan kimia yang menjalani pendidikan di SPN Sulawesi Selatan. Kemudian menurut Kapolda, dua siswa yaitu satu Polki dan satu Polwan berasal dari Pulau Enggano yang menurutnya merupakan program khusus penerimaan putra dari Enggano

\"Ada yang kita terima dari Pulau Enggano, ini yang pertama kali, dan ini program khusus kita, mereka nanti setelah lulus akan kita tempatkan ke Enggano,\" paparnya.

Kemudian untuk lama pendidikan sendiri, menurut Kapolda para calon Bintara Polri ini akan menempuh pendidikan selama 7 bulan ke depan. Dimana dalam pendidikan ini Mabes Polri telah menyiapkan sejumlah materi dan metode sehingga mereka bisa disiapkan dan bertugas langsung ke lapangan.

Sementara itu, kepada para pembina, pengasuh dan instruktur yang ada di SPN Bukit Kaba bisa menjadi tauladan bagi para siswa, karena menurut Kapoda ditangan para pembina, pengasuh dan instruktur tersebut diberikan tanggung jawab untuk mendidik para siswa sehingga nantinya bisa menjadi polisi yang profesional.\"Ke kreativan metode pengasuh diharapkan lebih lagi, sehingga pendidikan ini bisa berhasil sesuai dengan yang kita harapkan,\" demikian Kapolda.

Pembukaan Diktuba Polri SPN Bukit Kaba kemarin dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Bengkulu, Wakil Bupati Rejang Lebong serta sejumlah tamu undangan lainnya. Dalam upacara pembukaan tersebut, selain menyematkan tanda pendidikan, juga dilaksanakan ritual tahunan yaitu menyiramkan bunga kesalah satu siswa serta pemecahan guci. Diktuba Polri di SPN Bukit Kaba sendiri tahun ini merupakan angkatan ke-VI.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: