OP LPG 3 Kg Diserbu Warga

OP LPG 3 Kg Diserbu Warga

KAUR SELATAN, Bengkulu Ekspress - Guna mengatasi kelangkaan gas Elpiji 3 Kg yang saat ini terjadi di sejumlah daerah, kemarin (7/8) Dinas Koperasi Usaha Kecil Menegah Perindustrian dan Perdagangan (Disperingkop dan UKM) bekerjasama dengan PT Pertamina melalui agen PT Kaur Permai Sejati menggelar Operasi Pasar (OP).

Operasi pasar yang digelar di Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan ini disambut warga dengan berbondong-bondong mendatangi mobil truk yang membawa gas melon bersubsidi itu. Bahkan mereka rela antre berjam-jam untuk mendapakan gas tersebut.

“Dalam operasi pasar ini kita bekerjasama dengan PT Kaur Permai Sejati, dan untuk gas yang disiapkan Pertamina ini ada 560 tabung elpji 3 kg, dan Alhamdulillah habis dibeli warga,” kata Kepala Disperingkop dan UKM Kaur, Rohina MSi melalui Kabid Perdagangan Disperindagkop Kaur Agus Supianto SPd, kemarin (7/8).

Dari hasil pantauan Bengkulu Ekspress di lapangan kemarin (7/8), OP yang di gelar di sub agen LPG 3 Kg Desa Kepala Pasar, sejumlah warga terlihat antusias mendapatkan gas Elpiji 3 Kilogram. Pihak penjual dalam hal ini PT Kaur Permai Sejati, menjual gas dengan harga Rp 18.650/tabung atau sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas subsidi yang ditetapkan Pemkab Kaur.

Harga ini jauh lebih murah dari harga yang dijual sejumlah warung yang menembus angka di atas Rp 35 ribu. Melalui OP stabilitas harga dapat dijaga dan tidak lagi terjadi kelangkaan. Selain itu diharapkan pula pengecer yang menjual harga di atas harga HET, tidak lagi melakukan penjualan dengan harga yang melebihi ketentuan.

“OP ini kita gelar selama dua hari, dan untuk hari ini (kemarin) di wilayah Kaur Selatan, dan besok (hari ini) di Kecamatan Tetap, gas ini langsung dijual kepada masyarakat tidak melalui pengecer, ini dilakukan untuk menstabilkan harga dan juga untuk mengatasi kelangkaan,” tutupnya.

Sementara itu, pemilik Agen PT Kaur Permai Sejati Susi Katarin mengatakan, OP ini merupakan program Pertamina yang digelar selama dua hari hingga besok (hari ini). Menurutnya dalam OP ini pihaknya menyiapkan 1.120 tabung gasl LPG ukuran 3 Kg untuk masyarakat Kaur.

Menurut Susi OP ini guna mengatasi kebutuhan elpiji 3 kg masyarakat yang mulai langka jelang Idul Adha ini.“Untuk hari ini gas LGP ini kita siapkan 560 tabung, dan besok (hari ini) di Kecamatan Tetap juga 560 tabung, kegiatan ini kita gelar hanya di dua kecamatan saja dulu, dan nanti kecamatan lain nyusul, dan kita jual gas ini sesuai HET yakni Rp 18.650,” tandasnya.(618)

Dilain sisi, Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Kaisar Ariyadi Pradesa SIK mengatakan, operasi pasar ini dilakukan untuk mengatasi kelangkaan gas LPG 3 Kg jelang Idul Adha ini. Juga pihaknya telah sidak dengan menyasar para pedagang dan disejumlah distributor (penyalur) hal ini untuk mengatasi penimbunan.“Jika nanti didapati adanya pedagang yang nakal dengan menaikan harga sepihak ataupun mengurangi berat timbangan maka akan di tindak secara hukum, sebab dapat merugikn konsumen,” tegasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: