22 Perusahaan Tambang Beroperasi

22 Perusahaan Tambang Beroperasi

\"tambang-batu-bara-tradisional\"BENTENG, BE - Ternyata perusahaan pertambangan khususnya batu- bara, yang beroperasi secara besar -besaran di Kabupaten Benteng cukup banyak. Setidaknya ada sekitar 22 perusahaan batubara kini aktif beroperasi di Bumi Maroba Kite Maju ini. Data ini berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Benteng.

\"Untuk izin yang telah  kita keluarkan, adalah sebanyak 22 perusahaan, yaitu ada 11 perusahaan ekplorasi dan 11 yang sudah produksi,\" ucap   Kadistamben Benteng, Iskandar Harun, kemarin.

Dari sebanyak 22 perusahaan batu bara itu, terdapat sebanyak 11 perusahaan tengah melakukan ekplorasi, yaitu seperti PT Sumber Rejeki Cemerlang yang beroperasi diwilayah Desa Plajau, PT Asa Investemen yang beroperasi diwilayah kecamatan Taba Penanjung dan Griya Pat Patulai. Sebanyak 11 perusahaan  lainnya telah melakukan produksi, yaitu seperti, PT Fetto Rejang, IBP, Kusuma jaya,DMH yang beroperasi diwilayah  Kecamatan Taba Penanjung dan RSM di wilayah Kecamatan Pematang Tiga.

Oleh sebab itu, ada beberapa macam izin yang dikeluarkan oleh Distamben Benteng, yaitu izin ekplorasi sebanyak 11 perusahaan dan izin produksi sebanyak 11 perusahaan pula.

Kadistamben, sebanyak 22 perusahaan tambang di Benteng ini terus dipantau. Pemantauan dilakukan selama 3 bulan sekali. Dengan cara mendatangi langsung warga yang terdapat disekeliling perusahaan dan mendatangi langsung ke lokasi perusahaan. Tujuan, langsung  turun  ke lapangan ini, agar dapat mengetahui kondisi dan keluhan warga terhadap dampak buruk dan baik perusahaan tersebut.

Selain itu, izin baik ekplorasi dan produksi yang dikeluarkan itu untuk batas waktu  5 tahun hingga 20 tahun lamanya. Namun, dapat diubah  sewaktu - waktu. (111) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: