Ujian Paket Lulus 100 Persen

Ujian Paket Lulus 100 Persen

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Setelah 3 (tiga) tahun tidak mengadakan ujian paket, pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) , provinsi Bengkulu kembali mengadakan ujian paket pada tahun 2018 ini.Dari 68 peserta yang mengikuti ujian, semuanya dinyatakan lulus dan berhak mengantongi ijazah paket. Rinciannya, peserta ujian paket A sebanyak 11 orang, peserta ujian paket B sebanya 22 orang dan peserta ujian paket C sebanyak 40 orang.

\"Setalah 3 tahun tak mengadakan ujian paket, PKBM Kembang Mekar yang ada di Kabupaten Benteng akhirnya berhasil mengadakan ujian pada tahun 2018 ini. Alhamdulillah, semua peserta yang mengikuti ujian lulus 100 persen,\" ungkap Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Benteng, Syarifudin, kemarin (1/8).

Lebih lanjut Syarifudin menuturkan, keberhasilan PKBM Kembang Mekar dalam menyelenggarakan ujian paket tentu saja bukan tanpa alasan. Perjuangan keras selama 3 tahun tentu saja telah dilalui sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

\"Sesuai dengan aturan, PKBM yang akan menyelenggaraan ujian paket harus sudah mengentri data peserta sejak 3 tahun sebelumnya,\" tandas Syarifudin.

Terpisah, Pendiri PKBM Kembang Mekar, Kadri menerangkan bahwa para peserta juga telah melalui tahapan pebelajaran secara rutin seja 3 tahun lamanya.Setelah itu, baru semuanya bisa mengikuti ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASNBN) bagi peserta paket A dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bagi peserta ujian paket B dan paket C.

\"Sesuai jadwal, peserta ujian harus mengikuti kegiatan pembelajaraan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi, karena para peserta berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, pelaksaan tatap muka dan tutorial hanya bisa kami lakukan sebanyak 1 kali dalam seminggu,\" terangnya.

Sejauh ini, sambung Kadri, PKBM Kembang Mekar masih memiliki peserta kurang lebih sebanyak 200 orang dan berasal dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Benteng. Yakni, Kecamatan Talang Empat, Karang Tinggi, Taba Penanjung, Merigi Kelindang dan Merigi Sakti.\"Kami juga mengimbau kepada PBKM lain untuk segera mengentri data peserta agar pelaksanaan ujian paket bisa dilakukan secara serentak,\" tutup Kadri.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: