Umumkan Penggunaan DD/ADD

Umumkan Penggunaan DD/ADD

TAIS, Bengkulu Ekspress - Seluruh desa di Kabupaten Seluma, dituntut transaparan dalam penggunaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) 2018. Dengan memberikan papan pengumuman di balai desa terkait penggunaan anggaran DD dan ADD. Termasuk besaran alokasi pemasukan dan pengeluaran desa tersebut.

“Kita meminta desa mulai dari pengelolaan DD dan ADD bisa transparan dengan membuat papan pengumuman dan spanduk di depan balai desa,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD), Zaimi Tuhim Mpd melalui Kabid PMD Arlan Aksa SSos kepada Bengkulu Ekspress kemarin (29/7).

Transparansi yang dimaksud merincikan penggunaan anggran tahap I sebesar 30 persen dan tahap II sebesar 40 persen. Dengan menyertakan data uang masuk dan uang keluar. Dengan transparansi ini masyarakat desa bisa mengetahui keuangan dan terhindar dari buruk sangka yang berujung pada aksi protes.

“Warga bisa mengetahui anggaran dan penggunaannya dan kecurigaan warga bisa dihindari. Setidaknya papan transparansi dan pengumuman ini di pasang di depan balai desa berukuran paling kecil 2 M x 2 M, Untuk pembuatan pengumuman tersebut, PMD bakal menyurati seluruh kepala desa,\'\' kata Arlan.

PMD juga mengharapkan seluruh desa bisa membuat laporan realisasi DD dan ADD yang sudah terealisasi pada pembangunan, serta penyerapan anggran DD sudah sejauh mana. Dengan membuat laporan agar bisa di jadikan dasar untuk pencaiaran DD dan ADD tahap ke III.“Untuk DD dan ADD tahap ke III belum ada anggrannya karena laporan realisasi tahap I dan II belum ada,” imbuhnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: