4 Ribu Vaksin Cegah Rabies

4 Ribu Vaksin Cegah Rabies

\"rabies2\"BINTUHAN,BE- Untuk menjaga wilayah Kabupaten Kaur bebas rabies serta  melindungi warganya dari penyakit rabies di tahun 2013, Dinas Pertanian Kaur masih punya stok 4 ribu dosis vaksin rabies. Stok tersebut mencukupi untuk satu tahun ini, namun jika kekurangan pihaknya akan melakukan koordinasi ke Bengkulu. \"Stok tersebut bisa untuk ratusan hewan khususnya anjing, kera dan kucing. Namun biasanya kebanyak anjing yang sudah banyak diberikan vaksin,\" ujar Kepala Dinas Pertanian Asmawan SSos melalui Kabid Peternakan Rahmadaniar SP didampingi Kasi Hewan drh Rakhmat Fajar, kemarin.

Dikatakan Rahmad, pihaknya tetap akan melakukan vaksin ke lokasi jika ada hewan terserang rabies, kemudian itu usai divaksinasi rabies, hewan tersebut tidak boleh langsung dilepas. Mengingat masih belum stabil kondisnya makanya harus dikurung terlebih dahulu sekiatr 3 atau 5 jam lamanya. \"Sepanjang tahun 2012 kami sudah melakukan vaksin sebanyak 160 ekor anjing terserang rabies. Mengingat masyarakat Kabupaten Kaur ini paling banyak memelihara anjing, sesuai data ada sekitar 2.000 ekor anjing,\" jelasnya.

Meski begitu, ditambahkanya, pihaknya masih menemui kesulitan saat melakukan penyuntikan vaksin rabies terhadap ribuan hewan-hean tersebut. Seperti, pemilik hewan yang sulit ditemui, hewan yang sulit dikendalikan saat dilakukan penyuntikan dan rendahnya tingkat kesadaran pemilik hewan untuk memberikan vaksin terhadap hewan peliharaannya. \"Makanya masyarakat jika menemukan hewan peliharaanya dengan ciri rabies maka segera laporkan, pihaknya akan segera melakukan vaksinasi. Kemudian itu juga dalam vaksinasi petugas melakukan secara gratis karena ini sudah program pemerintah,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: