Air Terjun Batu Bekinyau Dihibahkan ke Pemkab Seluma

Air Terjun Batu Bekinyau Dihibahkan ke Pemkab Seluma

TAIS KABUPATEN SELUMA,Bengkulu Ekspress - Objek wisata air terjun Batu Bekinyau di Desa Sengkuang Jaya Kecamatan Seluma barat akan dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma. Batu Bekinyau akan dijadikan objek wisata andalan Kabupaten Seluma, karena dekat dengan jalan lintas provinsi serta mendukung visit Seluma.

\"Sekarang sedang diurus administrasi hibahnya dari Pemdes ke Pemkab,\" tegas Asisten I Setda Seluma, Mirin Ajib SH MH.

Setelah dihibahkan, tambah dia, akan diregister dan dikelola menjadi objek wisata milik pemerintah.

\"Nanti Pemkab Seluma dapat cepat mengelola, terutama untuk pembangunan jalan menuju lokasi wisata. Kita harapkan di tahun 2020 wisata andalan Seluma sudah ada,\" harapnya.

Setelah objek wisata ini nanti berhasil dibuka oleh Pemkab, jelas Mirin, bisa saja sistem pengolaannya diambil alih oleh Pemdes melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kemudian, BUMDes hanya membayar pajak retribusi untuk menambah PAD Kabupaten Seluma.

Pengolahan beberapa objek wisata di Kabupaten Seluma banyak terkendala pada pendataan kawasan cagar alam. Seperti di objek wisata Wahana Air Cemoro Sewu di Desa Kungai Baru Kecamatan Air Periukan dan pantai Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma, Bengkulu.

\"Besar harapan sinergisitas Pemkab dan Pemdes bisa sejalan dan membawa manfaat,\" pungkas Mirin. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: