2500 Prona Sirtifikat

2500 Prona Sirtifikat

\"gambarBENTENG, BE -  Jika ditahun 2012 lalu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Benteng telah mengeluarkan  sebanyak 2000 persil prona (program nasional) pembuatan sirtifikat. Ditahun 2013 ini, BPN Benteng kembali mendapatkan jatah kuota prona sertifikat. Untuk tahun ini, mendapatkan tambahan kuoata sebesar 500 persil. Jadi  tahun 2013 ini BPN menerbitkan sebanyak 2500 persil sertifikat prona.

\"Kita mendapatkan tambahan kuota dari BPN pusat sebanyak 500 persil. Soalnya, ditahun 2012 lalu kita mendapatkan 2000 persil dan ditahun ini kuota yang sudah ditetapkan sebanyak 2500 persil,\" ujar Kepala BPN Benteng, Menanti Sinaga, SH didampingi Kasi Survey Pengukuran dan Pemetaan  (SPP), Ir. Kristian, pada BE kemarin.

Prosedur pembuatan sertifikat prona ini dimulai dari BPN melakukan penyuluhan ke desa - desa terlebih dahulu. Kemudian, barulah memasuki tahap identifikasi dan pengukuran atah lahan milik warga. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan berkas yang dimasukan oleh calon pengusul, yang biasanya disampaikan oleh kepala desa. Tahap berikutnya, barulah BPN menerbitkan sertifikat dan pendistribusian kepada warga melalui kades masing - masing desanya. \" Banyak prosedur yang harus kita lakukan, mulai dari sosialisasi, identifikasi, pengukuran hingga penerbitan sirtifikat,\" pungkasnya.

Ditambahkan Kristian, BPN memberikan program prona sirtifikat ini secara gratis. Karena hal ini merupakan program BPN pusat. Oleh sebab itu, jika ada pungutan liar atas pengurusan prona sirtifikat itu itu silahkan warga melapor ke BPN atau polisi. Karena pungutan itu melanggar peraturan yang berlaku. Namun, jika pemberian itu atas kehendak pembuat porna sirtifikat dan tidak menimbulkan masalah, sebagai uacapan terimakasih itu tergantung kepada masing - masing desa teknis pelaksanaanya. Yang jelas, jika dari pihak BPN tidak ada melakukan pungutan apa - apa.

\" Ya, kalau ada pungli di prona sirtifikat, itu silahkan ditanyakan langsung ke Kades atau warga. Namun, ysang jelas dari kita pembuatan prona sertifikat itu gratis,\" tandasnya. (111)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: