Kapolres Panggil Penambang Pasir Besi

Kapolres Panggil Penambang Pasir Besi

SELUMA TIMUR, Bengkulu Ekspress - Guna menghindari gesekan di tengah masyarakat seperti tujuh tahun lalu. Kapolres Seluma AKBP Jeki Rahmad Mestika SIK memastikan memediasi pihak berkepentingan dalam penambangan pasir besi di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Kapolres bakal memaggil pemilik usaha penambagan besi yang ditolak masyarakat.

“Pemkab Seluma, pihak perusahaan PT Rusan Sejahtera dan Masyarakat Desa Pasar Seluma, agar tidak terjadi permasalahan. Saat ini kita minta menahan diri dulu dari segala aktifitas penambangan,” tegas Kapolres.

Dikatakan Kapolres, dalam pemanggilan ini, Polres Seluma hanya sebagai fasilitator bukan pengambil keputusan. Pertemuan ini dilakukan agar polemik tambang pasir besi ini tidak berlarut yang akhirnya memicu konflik sosial ataupun tindakan anarki dan melawan hukum. Tindakan yang berdampak pada ketertiban umum di kawasan lokasi dan desa khususnya.

\"Saya yakin ini masih belum ada kata sepakat sehingga dan harus dipertemukan sehingga tidak lagi terjadi polemik baik oleh pemerintah daerah,” sampainya.Kapolres Berharap, agar masyarakat Desa Pasar Seluma tidak terpancing emosi ataupun dimanfaatkan segelintir oknum yang memanfaatkan suasana untuk suatu kepentingan.

Karena dari informasi yang didapat di lapangan, terkait pendirian Tambang pasir besi ini terjadi pro dan kontra di tengah masyarakat Desa Pasar Seluma. Tambahnya, perlu untuk diingat siapapun yang perbuatan yang melawan hukum dan mengganggu Kamtibmas, akan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

\"Saya meminta kedua belah pihak tetap menjaga diri dengan tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum. Terlibat anarkis dan melawan hukum maka akan saya tindak,\" tegas Jeki.

Sementara itu Kades Pasar Seluma Hertoni mengatakan, dirinya tidak ada niat menentang ataupun melarang tambang Pasir Besi tersebut, namun semuanya harus jelas baik izin maupun legalitasnya. Selain itu, sebagai pemilik wilayah harus ada kontribusi dari pihak perusahaan kepada masyarakat desa Pasar Seluma.

\"Saya sangat menyambut baik langkah yang diambil oleh Kapolres Seluma untuk memfasilitasi pertemuan Kami nanti karena saya akui selama ini belum ada dari pihak perusahaan melakukan hal ini. Harapan kami dengan adanya mediasi atau pertemuan ini nanti akan ada suatu kesepakatan dan kejelasan yang nantinya akan saya sampaikan kepada masyarakat desa Pasar Seluma,\" sampai Hertoni. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: