YIP Buka Pengobatan Gratis Di Kelurahan Sumber Jaya Pulau Baai

YIP Buka Pengobatan Gratis Di Kelurahan Sumber Jaya Pulau Baai

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Yayasan Indocare Peduli (YIP) yang berpusat di Jakarta membuka klinik pengobatan gratis untuk masyarakat di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.  Klinik ini sengaja dibuka di Kelurahan Sumber Jaya karena lokasi pemukiman penduduk tersebut jauh dari Puskesmas, dan banyak penduduk hidup di bawah garis kemiskinan sehingga tidak mampu.

\"Sebagai yayasan non profit yang fokus pada peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu di daerah terpencil, Yayasan Indocare Peduli (YIP) yang berpusat di Jakarta meresmikan klinik pengobatan gratis untuk masyarakat di Kelurahan Sumber Jaya. Dalam hal ini YIP bekerja sama dengan Yayasan Carolus Borromeus cabang Bengkulu,\" terang Ketua YIP, Rudy Tanding kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (2/7)

Berdasarkan data yang terhimpun Bengkulu Ekspress, peresmian klinik YIP di Bengkulu ini dilakukan pada hari Sabtu, 30 Juni 2018 lalu, di RT 09, RW 02 Kelurahan Sumber Jaya Pulai Baai Kota Bengkulu. \"Keberadaan klinik ini menggantikan klinik yang berlokasi di Desa Pagar Batu, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, Sumatera Selatan yang telah beroperasi sejak 20 April 2013 dan sempat direnovasi pada 21 November 2013 yang lalu,\" ucap Rudy.

Ia menjelaskan, dengan pertimbangan masa pengabdian yang sudah cukup lama (5 tahun) dan kualitas kesehatan masyarakat sekitar yang berangsur membaik di Desa Pagar Batu Sumatera Selatan tersebut, maka klinik tersebut ditutup dan sumber daya serta operasional dan lainnya diarahkan ke daerah yang lebih membutuhkan yaitu Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu.

\"Setelah kita mengkaji daerah tersebut dan dinyatakan layak, makanya kita resmikan YIP di wilayah tersebut dan disambut baik oleh warganya dan pemerintah setempat,\" bebernya.

Dijelaskannya, YIP memulai kiprahnya dalam membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan cara memberikan pelayanan kesehatan sejak tahun 2012 silam. Aksi sosial ini dilakukan karena masih sering ditemukan penduduk Indonesia yang belum memperoleh fasilitas kesehatan yang layak, khususnya mereka yang kurang mampu dan tinggal di lokasi-lokasi pelosok.

Hingga saat ini YIP telah meresmikan 9 klinik yang memberikan pelayanan kesehatan secara rutin dan berkesinambungan. \"Kita sudah mendirikan 8 klinik YIP, sebelumnya dan saat ini sudah ditambah satu lagi yakni di Provinsi Bengkulu,\" tuturnya. Ditambahkannya, dalam melakukan aksi sosial ini, YIP pun tidak bergerak sendirian. YIP terus berupaya mengajak berbagai pihak yang juga memiliki kesamaan misi dan visi untuk menjadi partner dalam menjalankan operasional klinik kesehatan tersebut. \"Ada 15 partner YIP yang turut serta membantu YIP dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu,\" jelasnya.

Program-program sosial YIP lebih dari progam-program CSR pada umumnya yang mengutamakan pencitraan. YIP lebih fokus pada masyarakat kurang mampu yang terkadang tidak dijangkau oleh program-program kesehatan milik swasta atau pemerintah. Program kerja YIP mencakup 3 hal yaitu pengobatan (treatment), renovasi sarana dan prasarana klinik (infastructure), dan penyuluhan kesehatan (education). Pelayanan kesehatan YIP dilakukan secara reguler di setiap lokasi klinik sehingga layanan ini sifatnya berkesinambungan.

\"Selama ini klinik-klinik YIP sudah membantu pasien yang umumnya menderita penyakit seperti flu, asam urat, masalah pencernaan, nyeri otot, diare, reumatik, infeksi saluran pernapasan, kolesterol, penyakit kulit, hipertensi, vertigo dan diabetes melitus,\" bebernya. Pada kesempatan itu, Rudi juga mengatakan, pada 2016, YIP sudah meluncurkan maskot Dolphy (dari kata dolphin atau lumba-lumba) sebagai simbol sifat suka menolong dan baik hati kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

\"Semoga sekecil apapun niat baik dan kegiatan yang dilakukan oleh YIP, selalu mendapat dukungan dan kemudahan dalam pelaksanaannya serta menjadi inspirasi. Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan Indocare Group yang selama ini dikenal sebagai produsen dan pemasar produk-produk health supplement dan personal care,\" tutupnya.

Untuk diketahui, klinik-klinik YIP yang sudah ada sekarang ini berlokasi diantaranya yakni Kediri di Provinsi Jawa Timur, Lahat di Provinsi Sumatera Selatan, Cepu di Provinsi Jawa Tengah, Jembrana di Provinsi Bali, Merapi di Provinsi Jawa Tengah, Selagai Lingga di Provinsi Lampung, Cilincing di Provinsi Jakarta Utara, Cipanas di Provinsi Jawa Barat dan terakhir di Kelurahan Sumber Jaya di Provinsi Bengkulu. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: