Bupati Perintahkan Tertibkan Sampah

Bupati Perintahkan Tertibkan Sampah

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Penumpukan sampah di sejumlah titik pada ruas jalan lintas Kota Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang mendapat tanggapan serius dari Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Dr H Ferry Ramli SH MH.

Kepada Bengkulu Ekspress, Bupati menegaskan, bahwa dirinya akan memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk menangani permasalahan sampah yang tak kunjung tuntas.

\"Tumpukan sampah di sejumlah titik pada jalan lintas membuat keindahan alam di Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi terganggu,\" kata Bupati.

Agar penumpukan sampah tak menggunung dan menimbulkan bau tak sedap, Bupati mendesak, agar DLH Kabupaten Benteng lebih mengintensifkan mobilitas truk pengangkut sampah. Sehingga sampah yang ditinggalkan oleh masyarakat pada tempat pembuangan sementara (TPS) bisa segera dipindahkan. \"Saya ingin agar tak ada penumpukan sampah dalam jumlah besar. Pemindahan sampah harus lebih dioptimalkan,\" pungkas Bupati.

Sementara Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya dan Beracun DLH Kabupaten Bengkulu Tengah, Pino Aspandi SE MSi mengatakan, bahwa penumpukan sampah terjadi, bukan karena kesengajaan. Melainkan, dikarenakan keterbatasan armada (truk) yang dimiliki oleh DLH Kabupaten Bengkulu Tengah dalam mengangkut sampah tersebut menuju tempat penambungan akhir (TPA) di Desa Talang Empat, Kecamatan Karang Tinggi.

Meskipun sudah beberapa kali diusulkan, apa yang disampaikan belum juga diakomodir atau dianggap sebagai skala prioritas.

\"Sejak tahun 2010 lalu, Kabupaten Bengkulu Tengah hanya memiliki 1 unit truk pengangkut sampah. Saat ini, kondisinya pun juga sudah mulai skarat (rusak berat). Minimnya kendaraan membuat kami tak bisa mengangkut sampah secara masimal. Melainkan, hanya 1 sampai 2 kali dalam 1 minggu,\" keluhnya.

Selain itu, Pino mengatakan, bahwa sampah yang menumpuk bukan hanya berasal dari masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bengkulu Tengah. Melainkan didominasi oleh masyarakat Kota Bengkulu atau bahkan dari arah Kabupaten Kepahiang.

\"Keberadaan TPS di tepi jalan memancing masyarakat luar daerah membuang sampah ke Kabupaten Bengkulu Tengah. Bahkan, ada beberapa yang membuang sampah dengan menggunakan mobil. Diharapkan, Pemda Bengkulu Tengah segera menyiapkan lahan TPA yang berlokasi jauh dari jalan lintas,\" tandas Pino.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: