Pemilih Baru Diprediksi 3 Ribu

Pemilih Baru Diprediksi 3 Ribu

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) gencar melakukan pemuktahiran data kependudukan. Salah satunya adalah kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman kartu tanda kependudukan (KTP) elektronik.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkulu Tengah, Adnan Kasidi SE mengatakan bahwa terdapat sekitar 3 ribu orang masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang berhak untuk melakukan perekaman E-KTP hingga tahun 2019 mendatang.

\"Dari hasil penelusuran, akan ada penambahan pemilih pemula pada saat pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2019 mendatang, yakni mencapai 3.000 orang,\" kata Adnan.

Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya, sambung Adnan, pihaknya juga akan melakukan perekaman keliling ke seluruh sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Kabupaten Bengkulu Tengah. Baik SMA ataupun SMK. \"Jika mereka tak tercatat di dalam daftar pemilih tetap (DPT), masyarakat bisa menunjukan KTP yang merupakan kartu indentitas masyarakat,\" tandasnya.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah juga sedang melakukan pendataan ulang daftar pemilih sementara (DPS). Saat ini, data DPS sudah diserahkan ke seluruh PPK untuk disampaikan ke seluruh panitia pemungutan suara (PPS). Jika ada nama yang tak berhak lagi memilih ataupun belum termasuk ke dalam DPS, masyarakat bisa langsung membuat laporan sebagai bahan koreksi.

\"Sesuai dengan jadwal, kami akan mengumumkan DPS di masing-masing TPS hingga tanggal 1 Juli 2018. Setelah itu, DPS perbaikan akan dilakukan pemeriksaan dan rapat pleno di tingkat KPU Kabupaten Bengkulu Tengah sebagai bahan untuk menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilu serentak 2019 mendatang,\" kata Komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Tengah, Drs Brotoseno.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: