Lanal Kembangkan Budidaya Lele

Lanal Kembangkan Budidaya Lele

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Danlanal Bengkulu Letkol P Laut Agus Izudin ST melaksanakan panen lele bersama anggotanya dan warga di Jalan Kramat Teluk Sepang Kota Bengkulu, kemarin (28/6).  Budidaya lele ini merupakan program Lanal yang dijalankan oleh pensiunan PNS Lanal untuk mendukung perekonomian masyarakat Kota Bengkulu.

\"Ini merupakan program Angkatan Laut dalam mengikuti beberapa intruksi atasan, seperti usaha mandiri kolam lele ini. Ada pensiunan kita belum genap satu tahun yang sedang membuka usaha ternak lele. Selama ini kita juga membantu permodalan, kebutuhan lainnya dan sekarang beliau sudah membuktikan usahanya dapat panen raya. Ini terbukti omzet beliau di Pasar Panorama, saya berikan intruksi agar jajaran saya mengikuti jejak usaha beliau. Hal ini bisa meningkatkan perekonomian mereka,\" terang Danlanal.

Selain itu, Danlanal juga berharap masyarakat sekitar juga dapat membuka usaha mandiri yang serupa. Menurutnya pihaknya siap membantu memberikan bibit ikan. \"Ini bukan untuk jajaran kita saja, jika masyarakat juga mau, silahkan. Jadi, jika ada nelayan trawl yang tidak ada kerjanya, akan kita rangkul dengan cara memberikan bibit dan pakan lele. Bahkan, ada dari Jakarta memberikan bantuan kepada kita, lampu yang berasal dari air garam bukan dari listrik. Sehingga harapan saya, masyarakat di sini tidak fokus terhadap mencari ikan saja, jika cuaca buruk, maka dapat berusaha di darat juga,\" tambahnya.

Selain itu, juga ada program bedah rumah dengan anggaran Rp 300 juta dari pusat yang ditujukan untuk warga yang memiliki rumah yang tidak layak huni. \"Rencananya September ini disalurkan, memang ada kediaman masyarakat yang harus perlu dibenahi kembali. Selain itu, ada masyarakat yang bahkan menumpang. Ini kita cari lahannya akan kita bantu. Untuk jumlah kawasannya kita telusuri dari kawasan pesisir Mukomuko hingga Linau. Untuk anggaran sebesar Rp 300 juta untuk 10 orang warga, nanti kami juga meminta kerjasama pemerintah dan swasta dalam melaksanakan kegiatan benah rumah ini,\" tutupnya.

Sementara itu, pemilik ternak lele, Wuryanta sangat berterima kasih atas bantuan dari Lanal Bengkulu yang sudah membimbingnya berternak lele sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-harinya setelah pensiun.

\"Ya, dari hasil ternak lele ini setidaknya untuk kebutuhan sehari-hari sudah terjamin. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memulai usaha. Setidaknya untuk menyambung hidup dihari tua ini,\" tutupnya. (529)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: