1.307 Surat Suara Dimusnahkan

1.307 Surat Suara Dimusnahkan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Sehari sebelum pencoblosan Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu melakukan pemusnahan terhadap 1307 surat suara, di Sekretariat KPU kota, kemarin (26/6). Pemusnahan surat suara ini dengan cara dibakar, dan disaksikan oleh anggota Panwas dan pihak kepolisian. \"Memang kita sudah menjadwalkan surat suara sisa ini harus dimusnahkan sesuai amanah PKPU, agar tidak ada surat suara yang diselewengkan,\" kata Ketua KPU kota, Zaini SAg.

Surat suara ini merupakan sisa atau kelebihan dari jumlah yang dibutuhkan oleh KPU, yang terbagi 907 surat suara rusak dan 400 surat suara lebih yang masih kondisi baik. Hal ini setelah KPU selesai melakukan pengepakan dan penghitungan sesuai dengan kebutuhan per TPS.

Dikatakan Zaini, surat suara yang rusak ini ditemukan pada saat proses pelipatan, dimana paling banyak ditemukan adanya bercak tinta-tinta yang mengotori foto paslon, disamping itu juga tak sedikit yang sobek atau terpotong. \"Kita tidak boleh menyimpang surat suara lebih dari cadangan yang ada didalam kotak suara,\" ungkapnya.

Diketahui jumlah surat suara yang digunakan untuk pemungutan suara Pilwakot mencapai sebanyak 237.923 lembar yang telah ditambahkan cadangan 2,5 persen. \"Ini murni kelebihan dari percetakan, bukan sengaja kami lebihkan,\" terangnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota melakukan pendistribusian logistik ke 622 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di setiap kelurahan yang dimulai sekitar pukul 09.00WIB, kemarin (26/6). Adapun jenis logistik yang disalurkan ini, adalah surat suara, kotak suara, bilik suara, alat coblos, tinta sidik jari, serta beberapa dokumen lainnya yang dibutuhkan.

\"Hari ini (kemarin,red) sudah kita distribusi logistik untuk pencoblosan (hari ini), selain logistik juga ada beberapa formulir yang dibutuhkan di setiap TPS,\" ujar Ketua KPU kota, Zaini.

Dijelaskannya, jenjang pendistribusian ini dari kantor KPU kota, menyerahkan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bersifat koordinasi, kemudian ketika tiba di TPS logistik tersebut dibongkar pihak Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan dari PPS menyerahkan ke setiap anggota KPPS masing-masing.

Sementara itu, AKBP Priangodo Heru Kunfrasetyo,S.Ik menjelaskan dalam proses pendistribusian logistik, pihaknya sudah melakukan pengamanan melekat dari KPU sampai ke lokasi. Dan pengamanan ini akan terus berlanjut hingga hari pemungutan suara dan penghitungan suara di setiap TPS.

\" Total yang kita turunkan selama pengamanan hingga penghitungan suara ada 1200 lebih. Disetiap setiap TPS ada 2 personil, dibantu Linmas dan juga ada TNI,\" tambah Heru.

Selain disaksikan langsung oleh Penjabat Walikota H Budiman Ismaun MPd, pelepasan logistik ini juga disaksikan oleh Anggota DPD RI Ahmad Kanedi mengatakan DPD berharap Pilwakot Bengkulu masuk dalam 5 besar terbaik nasional indeks persepsi penyelenggaraan Pilwakot. \"DPD terus melakukan perimbangan dan analisa demi mengawal pembangunan demokrasi Kota Bengkulu,\" kata senator ini. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: