Bengkulu Ekspress Media Grup Sajikan Real Count Terjunkan Tim ke 622 TPS

Bengkulu Ekspress Media Grup Sajikan Real Count  Terjunkan Tim ke 622 TPS

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Harian Bengkulu Ekspress (BE) bekerjasama dengan BETV dan BE Online akan menyiarkan hasil real count (hitung nyata) Pilkada Kota Bengkulu secara Live (langsung) pada hari ini (27/6). Sebanyak 622 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 67 Kelurahan di 9 Kecamatan akan dipantau oleh puluhan tim dari Bengkulu Ekspress.

Pimpred Harian Bengkulu Ekspress, Iyud Dwi Mursito mengatakan sekitar 43 orang diterjunkan untuk memantau hasil perhitungan jumlah surat suara sah dimasing-masing TPS di Kota Bengkulu. \"Ya, besok (hari ini, red) Bengkulu Ekspress TV dan Bengkulu EkspressOnline akan siarkan langsung hasil real count Pilkada 2018,\" ujar Iyud, kemarin (26/6).

Real count tersebut sangat bermanfaat sebagai data pembanding dengan rekapitulasi KPU, bahkan sangat bermanfaat untuk pengawalan suara saat rekapitulasi manual KPU baik mulai dari tingkat kelurahan hingga ke tingkat kecamatan. Data yang dipakai real count adalah data riil atau nyata dari seluruh TPS, bukan berdasarkan sampling, random ataupun keterwakilan.

\"Data real count ini bersumber langsung dari data C1 di seluruh TPS dalam wilayah Kota Bengkulu,\" terang Iyud.

Sebanyak 622 TPS di 67 Kelurahan di 9 Kecamatan Kota Bengkulu akan dipantau oleh tim dari Bengkulu Ekspress. Kemudian tim tersebut akan mengirimkan serta menyajikan data sementara secara Live (Langsung) di Chanel Bengkulu Ekspress TV dan halaman Bengkulu Ekspress Online mulai pukul 15.00 WIB atau setelah perhitungan suara di masing-masing TPS selesai. \"Selain itu hasil rekapitulasi lengkap juga akan disajikan di Koran Harian Bengkulu Ekspress pada hari berikutnya,\" ujar Iyud.

Meski begitu, real count ini juga bukan penentu kemenangan bagi pasangan calon walikota Bengkulu. Untuk menentukan siapa pemenang, harus melalui penghitungan manual dan mengikuti tahapan pleno dilakukan oleh KPU Kota.

\"Jadi untuk hasil siapa yang menang harus menunggu dari KPU. Real count ini bertujuan untuk memuaskan keingintahuan publik, kalau validitas tetap harus dilakukan rekapitualis manual oleh KPU,\" jelas Iyud.

Pihaknya berharap dengan disajikannya data real count dapat memberikan gambaran kepada masyarakat siapa calon walikota yang berpotensi menang. Karena tujuan real count ini adalah sebagai data pembanding dengan rekapitulasi data KPU. \"Semoga data real count tersebut nantinya bisa memuaskan keingintahuan masyarakat Kota Bengkulu tentang siapa pemimpin yang akan memimpin 5 tahun kedepan,\" tukasnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: