Pengukuran Tanah Rampung

Pengukuran Tanah Rampung

BENGKULU TENGAH , Bengkulu Ekspress- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah menuntaskan proses pengukuran 3.286 bidang tanah yang termasuk ke dalam penerima program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) 2018 ini.

\"Menuntaskan program PTSL tahun 2018 ini, kami sudah melakukan pengukuran sejak awal tahun lalu. Alhasil, sebanya 3.286 bidang tanah telah selesai diukur,\" kata Kepala BPN Kabupaten Bengkulu Tengah , Hesekiel Sijabat ST, kemarin (25/6).

Secara keseluruhan, Kabupaten Bengkulu Tengah mendapatkan kuota sebanyak 9 ribu bidang tanah untuk disertifikati. Dari hasil koordinasi yang dilakukan bersama para Kepala Desa (Kades), hanya 32 desa yang menyatakan siap untuk menerima program tersebut.

\"Dari penelusuran kami, beberapa Kades dan perangkat belum siap untuk menerima program PTSL. Sebab, PTSL memang berbeda dengan program-program sebelumnya. Semua bidang tanah yang berada di desa harus disertifikasi secara keseluruhan tanpa terkecuali. Hal inilah yang menuntut kesiapan para Kades dan perangkat untuk mengumpulkan data bidang tanah yang belum bersertifikat,\" tandasnya.

Mempercepat proses pengukuran, sambung Hesekiel, pihaknya telah memiliki petugas yang dibekali dengan kemampuan khusus untuk mengukur bidang tanah lengkap milik masyarakat. \"Saat ini, kami memiliki sebanyak 6 orang petugas ukur. Dengan personel yang ada, kami optimis pengukuran semua bidang tanah akan tuntas pada bulan Agustus 2018 mendatang,\" pungkasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: