Xhaka dan Shaqiri, Terancam Absen

Xhaka dan Shaqiri,  Terancam Absen

Laga Swiss kontra Serbia nampaknya menyisakan permasalahan. Itu terkait dengan selebrasi dua pemain Swiss Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri yang menyilangkan kedua tangannya menyerupai seekor burung elang.

Tentu hal itu menjadi kontroversi sebab burung elang erat kaitannya dengan lambang bendera Albania yang pernah berkonflik dengan Serbia. Apalagi Xhaka dan Shaqiri punya ikatan emosi dengan konflik tersebut. Keduanya asli warga Kosovo yang memiliki darah Albania dan memilih pindah ke Swiss setelah konflik itu terjadi.

Atas selebrasi kontroversialnya itu, Federasi Sepak Bola Serbia (FSS) telah melaporkan kepada FIFA sebagai bentuk pelanggaran. Tak tinggal diam, FIFA pun langsung merespond.

”Komite Disipliner FIFA telah membuka peninjauan indisipliner atas pemain Swiss, Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri, atas perayaan gol mereka dalam laga antara Swiss dengan Serbia.” pernyataan FIFA seperti dilansir Reuters.

Jika terbukti bersalah atas tindakan tersebut, Xhaka dan Shaqiri terancam hukuman dua kali absen dalam laga yang dilakoni Swiss, tentu itu menajadi sebuah kerugian. Sebab keduanya termasuk ujung tombak serangan tim besutan Vladimir Petkovi?. Apalagi laga penutup penyisihan grup lawan Kosta Rika (28/6), Swiss wajib menang untuk memuluskan langkah ke babak 16 besar.

Selain itu, FIFA juga akan melakukan investigasi kepada pelatih Serbia Mladen Krstajic terkait pernyataannya seusai laga versus Swiss. Pelatih asal Bosnia itu mengkritiki kinerja wasit Felix Brych yang memimpin laga Swiss kontra Serbia pada Jumat lalu.

”Saya tidak akan memberinya (Brych) kartu merah atau kuning, saya ingin mengirim di ke Den Haag. Sehingga mereka bisa mengadili dia, sama seperti yang kerap mereka lakukan kepada kami,” tutur Krstajic saat itu. (nia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: