750 Paket Sembako dibagikan

750 Paket Sembako dibagikan

TAIS, Bengkulu Ekspress - Sedikitnya 750 paket sembilan bahan pokok (Sembako) dibagikan Dinas Sosial Kabupaten Seluma. Sembako tersebut dikhususkan bagi warga kurang mampu di 14 kecamatan di Kabupaten Seluma.

“Memang nilai sembakonya tidak seberapa, namun perhatian dari Pemda Seluma, khusus untuk warga kurang mampu ini tidak ternilai,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seluma Ir Titik Sumila kepada Bengkulu Ekspress.

Program yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu itu penyalurannya dilakukan bulan Ramadan dan mendekati hari raya Idul Fitri. Alokasi anggarannya Rp 250 juta dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Seluma, 2018. Dari anggaran itu didapatilah paket sembako sebanyak 750 paket senilai Rp 200 ribu per paket yang dibagikan.

“Penerima paket sembako berdasarkan usulan dari kepala desa atau lurah. Penerima paket ini masyarakat yang telah masuk di Basis Data Tetap (BDT) yang dimiliki oleh setiap desa/ kelurahan,” ujarnya.

Sekalipun diusulkan, Dinsos tetap saja melakukan verifikasi ulang. Pasalnya, tidak ingin pembagian bantuan bagi warga yang tidak mampu itu tidak tepat sasaran.  Adapun proses peyaluran paket Sembako telah digelar selama enam hari. Mulai 31 Mei-7 Juni mendatang. Dalam penyalurannya, Dinsos bekerjasama langsung dengan kades dan perangkat desa penerima program paket sembako. Penyalurannya dilakukan di kantor desa atau kelurahan masing-masing. “Secara bertahap kita bagikan dengan desa dan kelurahan selaku penerima dan mereka kembali menyalurkan kepada warganya,” imbuhnya.

Diencanakan program ini dilaksanakan secara berkelanjutan. Dengan harapan, masyarakat miskin atau kurang mampu sedikit terbantu menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: