Lahan Kering Dibantu Dana

Lahan Kering Dibantu Dana

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Pemilik lahan kering di wilayah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mendapatkan bantuan berupa dana. “Tahun ini, sekitar 1.500 hektar lahan kering diberikan bantuan dana,” sampai Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat SHut.

Bantuan dana itu khusus untuk membeli benih padi gogo dan sarana produksi (Saprodi). Sumber dana dari pemerintah pusat. Ribuan hektar lahan kering itu tersebar di lima kecamatan di daerah ini, yakni Kecamatan Malin Deman, Sungai Rumbai, Teramang Jaya, Penarik dan Kecamatan Lubuk Pinang. Luas lahan pertanian yang mendapatkan bantuan dana tahun ini meningkat.

“Bantuan untuk membeli benih padi dan saprodi dari pemerintah pusat itu. Pada tahun ini meningkat 500 hektar dari sebelumnya hanya untuk lahan seluas 1.000 hektar. Sedangkan bantuan dana untuk membeli benih padi gogo dan saprodi, sebesar Rp 695.000 per hektar,”bebernya.

Dengan rincian setiap hektar lahan mendapat bantuan dana sebesar Rp 437.500 untuk membeli benih padi, dan Rp 257.500 untuk saprodi. Wahyu menambahkan, telah merekomendasi pencairan dana untuk membeli benih padi gogo dan saprodi.

”Dari lahan seluas 1.500 hektar yang telah mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat. Sekitar 200 hektar di Kecamatan Malin Deman sudah ditanami padi, dan sejumlah lahan kering di Kecamatan Sungai Rumbai,” ungkap Wahyu.(900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: