HONDA BANNER
BPBD

Inovasi Model Bisnis Jadi Kunci, Ratusan Media Lokal Berkumpul di LMS 2025 Bahas Unlocking Local Capital

Inovasi Model Bisnis Jadi Kunci, Ratusan Media Lokal Berkumpul di LMS 2025 Bahas Unlocking Local Capital

Local Media Summit (LMS) 2025, forum tahunan terbesar bagi media lokal di Indonesia, resmi dibuka di JW Marriott Hotel, Jakarta, pada Selasa (7/10/2025). Agenda dua hari yang diselenggarakan oleh Suara.com ini mengusung tema 'Unlocking Local Capital: Buil-(ist)-

BBC Media Action Indonesia, melalui Jimmi Silitonga selaku Head of Production, meluncurkan program 'Aksi Kita Indonesia' untuk mengatasi abai lingkungan di kalangan anak muda Indonesia. 

Program ini menyasar usia belasan hingga 30-an, dengan fokus pada 'Share Informasi, Trigger Diskusi, dan Motivasi for Action'. 

Formula konten inovatif BBC memadukan isu lingkungan dengan minat audiens, fakta mengejutkan, trending topic, dan kebanggaan Indonesia. 

"Strategi ini termasuk mengaitkan isu lingkungan dengan konser musik (misalnya Coldplay), film horor (Pengabdi Setan menjadi Pengabdi Hutan), dan perubahan pembangunan di masa lalu hingga kini, untuk "melakukan soal isu dari daerah masing-masing."

Senior Journalist Team Manager BBC Indonesia, Ayomi Amindoni, menjelaskan pendekatan BBC dalam memperkuat jurnalisme investigasi dan liputan mendalam. 

"BBC sekarang mulai melakukan berita-berita panjang atau liputan mendalam. Soal akar masalah dan kejahatan, penyimpangan dalam suatu kasus," ungkap Ayomi. 

Kolaborasi dengan BBC Eye telah menghasilkan liputan berdampak, seperti kasus Skema Plasma Sawit yang menyoroti pelanggaran janji dan skandal Adopsi Ilegal Indonesia-Belanda yang menyebabkan Belanda dan Indonesia mensuspensi adopsi. 

Meskipun berfokus pada dampak, BBC tetap menawarkan 'output multi-platform, video-video pendek untuk materi promosi di media sosial.' 

Keberhasilan BBC terletak pada kombinasi "akurasi data dan kolaborasi serta humanisasi isu," menjadikan cerita lebih menyentuh dan relevan dengan pengalaman manusia.

LMS 2025 menghadirkan lebih dari 30 pembicara dan 100 media lokal dari Aceh hingga Papua, termasuk perwakilan dari Wavemaker Grup M, Google, BBC Media Action, Unilever, Goto, SAFEnet, LBH Pers, dan peneliti UMN, untuk berbagi pengalaman dan membangun kolaborasi lintas sektor. 

Acara ini juga menyelenggarakan "Gala Dinner: Networking & Appreciation Night" sebagai ajang santai untuk memperluas jejaring pada Selasa (7/10/2025).

Sementara itu untuk LMS 2025 pada hari kedua akan dilanjutkan pada Rabu 8 Oktober 2025 yang dimulai dengan materi 'Coaching Clinics' dari sejumlah expertis, dan sejumlah materi menarik lainnya.(**)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber: