Dispertan Rejang Lebong Pastikan Stok Daging Aman

Selasa 24-04-2018,16:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, Bengkulu Ekspress - Menjelang puasa Ramadhan 2018 ini permintaan akan daging di Kabupaten Rejang Lebong belum mengalami kenaikan yang signifikan. Peningkatan daging meningkat diperkirakan akan terjadi menjelang beberapa hari sebelum puasa dan lebaran nanti.

Untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan akan daging sapi di Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) Kabupaten Rejang Lebong menjamin ketersediaan akan daging di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Untuk ketersediaan daging, kita pastikan aman baik menjelang puasa atau lebaran nanti,\" terang Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Akhmad Rifai SP.

Dijelaskan Rifai, Dispertan Kabupaten Rejang Lebong sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kekurangan stok daging sapi menjelang puasa dan lebran nanti. Karena menurut Rifai bila tidak diantisipasi dari jauh-jauh hari maka dikhawatirkan stok akan berkurang dan berdampak pada melonjaknya harga daging sendiri.

\"Kita sudah melakukan antisipasi untuk memastikan kebutuhan daging nanti aman sehingga tidak mempengaruhi harga,\" jelas Rifai.

Salah satu langkah antisipasi yang dilakukan Dispertan Kabupaten Rejang Lebong yaitu dengan melakukan kerjasama dengan pengusaha sapi yang ada di Provinsi Lampung. Dimana pengusaha dari Lampung tersebut menyatakan siap menyediakan berapapun kebutuhan sapi di Kabupaten Rejang Lebong. Selain bekerjasama dengan pengusaha dari Lampung, Dispertan juga telah lebih dahulu bekerjasama dengan sejumlah pengusaha sapi di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Sapi dari luar itu nanti akan ditampung oleh pengusaha sapi kita pak Toni, dan pak Toni menyatakan kesiapannya,\" jelas Rifai.

Sementara itu, untuk harga sendiri menurut Rifai saat ini juga masih stabil yaitu diangka Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu per Kg sesuai dengan kualitas dagingnya sendiri. Ia berharap harga daging sapi tersebut akan terus stabil hingga lebaran nanti.

Disisi lain, Rifai juga mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan akan daging di Rejang Lebong sendiri, Bulog Sub Divre Rejang Lebong juga telah menyiapkan daging beku untuk bisa dibeli masyarakat.

\"Selain para pengusaha kita Bulog juga telah menyiapkan daging beku dengan harga yang lebih murah dari harga daging dipasaran, oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan daging di Rejang Lebong aman,\" tutup Rifai.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait