Mahasiswa KPI IAIN Belajar jadi Jurnalis

Jumat 22-09-2017,10:55 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sebagai upaya menambah ilmu tentang jurnalistik, mahasiwa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwa (FUAD) Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Bengkulu melaksanakan pelatihan reportase dan desain grafis.

Kegiatan yg diikuti puluhan mahasiswa semester III jurusan KPI IAIN ini dilaksanakan Jumat (22/9) di ruang rapat FUAD IAIN dengan menghadirkan Pemimpin Redaksi (Pimred) Harian Bengkulu Ekspress, Iyud Dwi Mursito sebagai narasumber.

Dalam kesempatan itu, Iyud memberikan pemahaman kepada para mahasiswa tentang tata cara menjadi seorang wartawan dengan tulisan yang dapat diterima oleh masyarakat, dan informasi-informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

\"Menjadi seorang wartawan itu tidaklah mudah,\" jelasnya.

Karena sebagai penyaji informasi dengan tulisan (wartawan koran), pertama seorang wartawan harus sering-sering membaca, terutama membaca berita. Hal ini dikarenakan banyak membaca akan menambah ilmu seorang wartawan, sehingga dalam membuat berita bisa memberikan kepuasan kepada pembaca.

\"Dengan membaca, akan membuat penulisan seorang wartawan menjadi baik,\" sampainya.

Sementara, untuk menulis berita, para wartawan harus menjurus ke rumus 5W+1H, sehingga bisa membuat lead atau inti dari berita yang bisa membuat para pembaca tertarik untuk terus membaca berita.

\"Jika lead-nya tidak menarik, maka sebuah berita tidak akan diterima oleh pembaca,\" tegasnya.

Dalam pelaksanaan pelatihan reportase yang dilaksanakan, terlihat antusias mahasiswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh narasumber. Di sesi tanya jawab pun mereka antusias bertanya, dan langsung dijawab oleh narasumber dengan baik.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait