45 Anggota PMI Dilatih Tanggap Bencana

Jumat 15-09-2017,10:56 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE - Sebanyak 45 anggota Palang Merah Indonesia (PMI) mengikuti pelatihan manajeman tanggap darurat bencana tingkat provinsi di lapangan Jenggalu Adventure Camp.

Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 11 sampai 16 september 2017 diikuti anggota PMI dari Kabupaten Rejang Lebong, Kaur, Mukomuko, Bengkulu Tengah, Lebong dan Bengkulu Utara.

\"Ada tiga kabupaten yang tidak ikut yakni Seluma, Bengkulu Selatan dan Kepahiang,\" ujar Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Bengkulu, Vice Elese, Jumat (15/09/2017).

Dikatakannya, materi yang diberikan kepadap peserta lebih kepada tentang tanggap darurat bencana mulai dari persiapan posko, administrasi posko, pertolongan psikis (trauma healing), logistik dan komunikasi eksternal.

\"45 peserta ini merupakan anggota satuan tanggap bencana (Satgana). Meraka adalah pasukan elitnya PMI. Jadi kalau ada bencana mereka yang terlebih dahulu bergerak sebelum relawan,\" kata Vice.

Satgana dilatih untuk tanggap bencana secara keseluruhan dari awal hingga selesai. Pelatihan tanggap darurat bencana merupakan kerjasama antara PMI dan Japanese Cross Society (JRCS). (Dil)

Tags :
Kategori :

Terkait