Perusahaan Jangan Cemari Lingkungan

Jumat 21-07-2017,13:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Hari Peringatan Lingkungan Hidup Sedunia menjadi tolok ukur sejauhmana langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerah (Pemda) Bengkulu Utara (BU) dalam menjaga dan melindungi kerusakan lingkungan. Mulai dari pencemaran limbah hingga pengerusakan hutan secara liar. Untuk itu, Wakil Bupati Bengkulu Utara (BU) Arie Septia Adinata SE mengajak seluruh masyarakat dan perusahaan swasta menyelamatkan fungsi alam dan menjauhi pencemaran sungai dan lingkungan. Jangan sampai generasi seterusnya tidak dapat menikmatinya.

‘’Kita harus bersama-sama menjaga lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Titip buat anak cucu kita nanti. Hindari segala bentuk pencemaran yang dapat merusak lingkungan,’’ ujar Wabup usai memimpin Upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Koperasi di halaman kantor Pemda Bengkulu Utara , kemarin (20/7).

Wabup mengingatkan kepada seluruh perusahaan di Kabupaten Bengkulu Utara untuk dapat menjaga lingkungan hidup disekitar aktivitas perusahaan. Karena kepedulian terhadap lingkungan harus diperhatikan pihak perusahaan. Jika ini dilanggar, tentu Pemda Bengkulu Utara dapat melakukan penutupan paksa sesuai aturan.

‘’Perusahaan harus menjaga lingkungan di dalam perusahaannya dan lingkungan masyarakat sekitar. Jangan membuang limbah di sungai dan jangan melakukan ativitas yang dapat mencemari lingkungan.

Mengenai banyaknya temuan perusahaan di Kabupaten Bengkulu Utara yang mendapatkan rapor merah akan rendahnya kepedulian terhadap lingkungan, Wabup menyampaikan Pemda BU terus melakukan evaluasi dan memberikan teguran terhadap perusahaan yang bersangkutan.

‘’Kita lakukan evaluasi terus dan berikan teguran. Kalau juga tidak diindahkan tentu, dapat dilakukan penutupan berdasarkan pengkajian yang matang,’’ terangnya. Untuk itu, Wabup meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkulu Utara dapat secara tegas menelusuri perusahaan yang kepedulian terhadap lingkungan sangat rendah. Karena hal ini hanya akan merugikan masyarakat dan daerah.

‘’Kita akan ambil langkah tegas. Tapi hal ini tentunya melalui kajian instansi terkait. Dan sebuah kebijakan tidak diputuskan secara gegabah,’’ terangnya. Disamping itu, Wabup juga menyebutkan dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ke -70 ini, seluruh koperasi di Bengkulu Utara dapat terus tumbuh dan berkembang. Sehingga dapat melahirkan lapangan kerja baru bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

‘’Koperasi di Bengkulu Utara dalam keadaan cukup baik dibandingkan daerah lainnya. Untuk itu, kita selaku pemerintah daerah selalu memberikan perhatian lebih untuk pencapaian kemajuan koperasi ini,’’ pungkasnya.(816)

Tags :
Kategori :

Terkait