Tim Kodam II Sriwijaya Pastikan TMMD Tuntas

Jumat 21-07-2017,12:17 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

SELUMA UTARA, Bengkulu Ekspress - Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa(TMMD) di wilayah Kodim 0425/Seluma, di Kelurahan Puguk, kecamatan Seluma Utara, mendapatkan pengawasan dari tim pengawasan dan evaluasi (Wasev) Kodam II Sriwijaya. Pengawasan ini guna memastikan pekerjaan TMMD dilaksanakan sesuai dengan harapan masyarakat dan tuntas.

“Kita hanya melakukan pengawasan lokasi TMMD, guna memastikan pekerjaan berjalan dengan lancar. Hasilnya dapat dilihat sendiri pekerjaan sudah mencapai 70 persen. Terdapat penambahan personil dalam menyelesaikan,” tegas Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Kodam II Sriwijaya Letkol Inf Ade Sugiarto kepada BE kemarin (20/7).

Dalam pengawasan yang dilakukan, timWasev memastikan sejauhmana penyerapan anggran TMMD, serta realisasi pekerjaan yang sudah direncanakan. Termasuk penyerapan anggaran sesuai dengan aturan atau tidak.

Ade menerangkan, saat ini program yang digagas Kodim 0425Seluma sudah maksimal. Hanya saja, item titik pekerjaan pemasangan plat dekker perlu diperhatikan lagi.

“Pemasangan plat deker ini harus dikejar cepat, mumpung saat musim panas ini, agar bisa diselesaikan dengan cepat. Mengingat jika musim hujan medan dengan yang sulit ditempuh dikhawatirkan hasil pekerjaan tidak maksimal,” ujarnya.

Ade menerangkan, pekerjaan TMMD yang sudah dilaksanakan sudah berjalan dengan maksimal. Ada catatan harus menjadi perhatian persinel yang melaksanakan TMMD dalam hal finishing (penyelesaian). Termasuk finishing pemasangat plat dekker dan gorong-gorong air. Selain itu, waktu membawa material fisik pekerjaan pun harus bisa diperhitungkan. Jangan sampai hujan menjadi kendala pekerjaan ini.

Ketua Tim tim Pengawasan dan evaluasi(Wasev) Kodam II Sriwijaya yang didampingi Dandim 0425/ Seluma Letkol Arief Budiarto mengaku, merasa lega. Sekalipun TMMD belum 100 persen terselesaikan, warga sudah merasakan manfaatnya. Terbukti akses jalan yang dibuka dari Kelurahan Puguk menuju Dusun Sukamaju sudah bisa di lewati petani dengan menggunakan motor. Untuk membawa hasil pertanian kopi keluar dari dusun.

“Ini sebuah bukti kemanunggalan TNI bersama warga,” ujarnya.

Dandim 0425/ Seluma Letkol Arief Budiarto menerangkan, pekerjaan TMMD secara keseluruhan bisa di selesaikan sebelum 2 Agustus mendatang. Paling lambat seminggu kedepab pemasangat plat dekker dan gorong-gorong sudah di selesaikan. Sedikitnya 8 titik plat dekker dan gorong-gorong dikerjakan. Saat ini baru menyelesaikan 5 unit dari 8 titik tersebut.

“Material semen dan pasir, serta gorong-gorong dibawa secara manual. Diangkut satu-persatu oleh personel TNI,” bebernya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait