Safari Ramadhan Mabes Polri Dipadati Warga

Kamis 08-06-2017,09:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Kapolri Imbau Masyarakat Jaga Kerukunan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Ratusan masyarakat dari berbagai kalangan memadati Safari Ramadhan Mabes Polri Dalam Rangka Operasi Ramadhania dihalaman Mapolres Bengkulu, Rabu (7/6) sore.

Dua orang pejabat dari Mabes Polri datang untuk menyampaikan amanat langsung Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian terkait safari ramadhan tersebut. Dua pejabat itu yakni Irjen Pol Ike Erwin SH MH dan Brigjend Pol Ahmad Lumumba.

Pidato dari Jenderal Tito dibacakan Irjen Pol Ike Erwin, inti pidato tersebut mengajak masyarakat harus menjadi satu kesatuan, tidak terpecah belah hanya karena perbedaan. Kapolri prihatin dengan sejumlah pemberitaan yang tidak jarang memecah belahkan bangsa. Suatu kelompok tertentu menginginkan Indonesia menjadi negara khilafah, menghapuskan sistem politik yang selama ini menjadi identitas pemerintahan Indonesia.

Tidak heran jika kasus persekusi yang selama ini tidak pernah terdengar di Indonesia perlahan muncul ke permukaan karena ulah individu atau kelompok yang tidak bertanggung jawab.

\"Yang saya bacakan ini amanat langsung dari Kapolri, jadi harus dibawa semua, karena ini perintah dari beliau. Apa yang Kapolri sampaikan, intinya masyarakat Indonesia harus menjaga kerukunan, terlebih ini bulan puasa. Bulan penuh rahmat sudah sewajarnya kita berbuat santun,\" tegas Irjen Pol Ike Erwin.

Beruntung perpecehan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diinginkan pihak tidak bertanggung jawab masih bisa dicegah.  Ini tidak lepas tiga pilar yang tetap dipertahankan pemerintah Indonesia. Tiga pilar ini juga yang membentuk Sumpah Pemuda. Mereka adalah dari kamu nasionalis, laskar pemuda (yang kemudian menjadi TNI dan Polri) dan para ulama. Tidak heran jika tiga pilar itu cukup kuat untuk menahan dari gempuran pengarug perpecahan. Selain itu, potensi gesekan dalam perbedaan harus diperkecil, kita manusia sama tidak ada yang berpeda. Jika perbedaan bisa diperkecil akan membentuk suatu komponen bangsa sehingga membuatnya bertemu dan bersatu.

\"Terakir Kapolri meminta maaf sebesar-besarnya karena tidak bisa hadir dalam acara meriah ini. Masyarakat Bengkulu sangat antusias,\" ujar Irjen Pol Ike Erwin.

Kapolda Bengkulu, Brigjend Pol Coki Manurung menyampaikan hal serupa. Menyambut dua pejabat Mabes Polri itu Kapolda mengharapkan bisa menerima kekurangan yang ada dalam perhelatan acara buka bersama dengan masyarakat. Kapolda berharap dengan adanya acara ini masyarakat Bengkulu semakin memperkuat karakter masyarakat Bengkulu yang memiliki etika sopan dan santun tinggi. Buktinya bendera merah putih dijahit di Bengkulu, untuk itu masyarakat Bengkulu harus menjauhi tindakan arogansi dan persekusi.

\"Selamat datang untuk Irjen Pol Ike Ahmad dan Brgijen Pol Ahmad Lumumba. Masyarakat Bengkulu ini unik, mereka memiliki etika sopan santun tinggi,\" jelas Coki.

Buka puasa bersama tersebut bukan hanya dihadiri pejabat tinggi Mabes Polri, Polda Bengkulu atau Polres Bengkulu. Terlihat Walikota Bengkulu, Helmi Hasan, Kajati Bengkulu Sendjun Manullang SH MH, pimpinan media cetak dan elektronik di Kota Bengkulu, Ketua MUI Provinsi serta pejabat lain di Provinsi Bengkulu. Sebelum buka bersama, lantunan lagu religi terdengar merdu. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Mabes Polri, kultum setelah itu ratusan masyarakat menikmati berbuka puasa meski dengan menu sederhana. Halaman Mapolres Bengkulu penuh sesak dengan ratusan masyarakat yang antusias mengikuti Safari Ramadhan Mabes Polri tersebut.(167/Prw)

Tags :
Kategori :

Terkait