28 Proyek Nasional Digarap Tahun Depan

Selasa 06-06-2017,14:08 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

RM: Dibutuhkan 28 Insinyur BENGKULU, Bengkulu Ekspress -Presiden RI Joko Widodo telah menyetujui 28 proyek Program Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Bengkulu. Realisasinya murni menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) ini akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti (RM) mengatakan tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan mulai menyiapkan seperti dasar hukum pelaksanaan proyek, kelengkapan administrasi, study lapangan hingga kesiapan anggaran.

\"Menu dan bahan makanannya sudah pasti ada, tinggal cara meraciknya. Ini yang harus dipahami oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov,\" terang RM kepada BE, usai menggelar rapat terbatas bersama OPD di Ruang Rapat Refflesia Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu, kemarin (5/6).

Dikatakannya, 28 Proyek itu sebagian besar merupakan proyek pembangunan infrastruktur dasar dan infrastruktur strategis. Untuk itu, Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) hingga amdal harus disiapkan secara baik, sebelum pihak Kementerian Pekerjaan Umum bertolak ke Bengkulu dalam beberapa bulan kedepan.

\"Saya mau ini detil, jadi project by project, ini cara kerja kita. Kalau kita kerjanya cuma ngomong-ngomong saja tidak ada gunanya, hitam diatas putih diperlukan,\" paparnya.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan proyek tersebut, gubernur meminta adanya keterlibatan tenaga ahli dibidangnya, yakni para engineer (Insinyur) dalam masing -masing pekerjaan. Sehingga urusan administrasi, perizinan dan dasar hukum bisa fokus dilakukan oleh setiap OPD.

“Maka saya perlu 28 Engineer untuk mengawal proyek ini, supaya dia bisa jelaskan totalitas dan kendalanya apa saja kepada pihak Kementerian,\" tambah RM.

Insinyur itu nantinya bisa saja dari Provinsi Bengkulu maupun dari luar provinsi. Namun yang jelas, para Insinyur ini harus memahami semua aspek 28 proyek yang telah masuk dalam PSN.

\"Bisa dari mana saja, yang penting harus benar-benar paham. Jangan sampai program ini nanti tidak sesuai harapan,\" ujarnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bengkulu, HR Kuntadi MSi mengatakan untuk program pembangunan PUPR hanya akan menyiapkan dokumen, seperti Amdal, RTRW dan dokumen penting lainnya.  \"Termasuk lahan nanti kita akan siapkan. Tapi pembebasannya nanti langsung dilakukan oleh pemerintah pusat. Kita hanya menyiapkan saja,\" ungkap Kuntadi.

Pembangunan yang akan dilakukan itu seperti jalan, jembatan, waduk, bendungan hingga pembangunan lainnya. Termasuk persiapan administrasi untuk izin pakai kawasan hutan lindung, yang akan membuka jalan atau akses menuju provinsi tetangga. \"Izinnya dari kementeriaan untuk pemakaian hutan sudah ada harapan bagus. Tahun ini selesai semau, jadi tahun 2018 sudah mulai bisa dilakukan pengerjaan,\" pungkasnya. (151)

28 Proyek Bengkulu masuk PSN 1. Pembangunan jalan fedder road Tol Kota Bengkulu-Bengkulu Tengah-Kepahiang-Rejang Lebong-Lubuk Linggau (batas Sumsel) sepanjang 124 KM. 2. Pembangunan jalan Lingkar Kota Bengkulu. 3. Pembukaan akses jalan baru Sungai Lisai (Lebong ). 4. Pembukaan akses jalan baru Talang Donok (Lebong)-Batu Gane (Selangit) sepanjang 33 Km yang akan ditingkatkan menjadi jalan nasional. 5. Pengembangan pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dan kawasan industri. 6. Pembangunan galangan kapal di pelabuhan Pulau Baai. 7. Pembangunan rel kereta api Kota Padang-Pulau Baai Kota Bengkulu. 8. Pembangunan dan pengembangan terminal baru Bandara Fatmawati Soekarno dan Kargo Internasional. 9. Pembangunan jaringan transmisi (SUTT), distribusi (SUTT) dan gardu induk menuju Lubuk Linggau-Curup-Kepahiang-Bengkulu Tengah-Kota Bengkulu. 10. Pembangunan PLTU berkapasitas 2×100 megawat di Pulai Baai. 11. Pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Hulu Lais dan Bukit Daun 2×55 MW di kabupaten Lebong. 12. Pembangunan sarana dan prasarana air minum (SPAM) regional dan penyediaan air baku Benteng Koberma (Kota, Bengkulu Tengah dan Seluma). 13. Pembukaan akses jalan baru Sukaraja-Padang Capo-Air Kelinsar (batas Sumsel) sepanjang 49 KM. 14. Pembangunan dan peningkatan akses jalan Tanjung Iman-Muara Sahung-Air Tembok (Bengkulu ) – Muaradua OKU Selatan (batas Sumsel ). 15. Pembangunan jalur kereta api pelabuhan Linau Kaur – Komering Muara Enim (Sumsel) 168 Km. 16. Pengembangan pelabuhan Linau, Bintuhan. 17. Pembangunan pembangkit listrik wilayah selatan koneksi dengan Lampung. 18. Pembangunan pelabuhan penyeberangan Pino Raya. 19. Pembangunan bandara perintis di Kota Manna. 20. Pembukaan akses jalan baru Penarik-Sungai Ipuh (Bengkulu) – Lempur-Bangko ( Jambi). 21.  Pembangunan jalur KA Merangin – Pelabuhan Bantal. 22. Pembangunan pelabuhan dan pengembangan kawasan industri pelabuhan bantal di Mukomuko. 23. Pengembangan bandara perintis Mukomuko. 24. Pembangunan pembangkit listrik wilayah Utara. 25. Pembangunan jalan di pulau Enggano. 26. Revitalisasi sarana dan prasarana kereta motor (molek) Napal Putih-Lebong Tandai (Bengkulu Utara). 27. Pembangunan Pantai Panjang Kota Bengkulu. 28. 5 event wisata Visit 2020Wonderful Bengkulu.

Tags :
Kategori :

Terkait