2017, Tanpa Penerimaan CASN

Jumat 05-05-2017,19:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, Bengkulu Ekspress - Masyarakat di Kabupaten Seluma atau daerah lain yang berharap menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau sebelumnya disebut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus kembali kecewa. Pasalnya, tahun ini khsususnya Kabupaten Seluma dipastikan tidak ada penerimaan CASN. Hal ini hasil konfirmasi terakhir Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seluma ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi (Kemen-PAN RB).

“Dari hasil koordinasi kita sudah dipastikan 2017 ini tidak ada perekrutan CASN,” ucap Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM Ikhwan SSos didampingi Kabid Pengembangan Karir Elian Suandi SIP kepada Bengkulu Ekspress kemarin (4/5/2017).

Dijelaskan, kepastian ini didapat setelah beberapa hari lalu, BKPSDM Seluma baru saja melakukan konsultasi lagi ke Kemenpa Elian, tahun ini tidak ada penerimaan CASN. Karena kementrian juga belum mendapatkan instruksi dari presiden. Ditambah lagi sekarang sudah memasuki Mei, sehingga tidak mungkin lagi rekruitmen ASN diselenggarakan tahun.

Hanya saja jika sewaktu-waktu diperintahkan untuk melaksanakan penerimaan CASN dan Kabupaten Seluma mendapatkan kuota CASN, maka BKPSDM Kabupaten Seluma sudah siap melaksanakannya. Karena dalam APBD 2017 juga sudah dianggarkan dana sebesar Rp 500 juta untuk persiapan penerimaan CASN tersebut. Termasuk juga untuk kebutuhan tenaga CASN di lingkungan Kabupaten Seluma juga sudah dirangkum. Hanya saja kebutuhan ini masih didasarkan dan berpatokan pada organiasi perangkat daerah (OPD) lama tahun lalu.

“Jumlah kebutuhan CASN di Kabupaten Seluma sampai dua tahun mendatang sebanyak 592 orang. Ini sudah kebutuhan yang mendesak. Karena sudah didasarkan pada analisi jabatan (anjab) serta analisis beban kerja (ABK) tahun 2016 kemarin,” tegasnya.

Sedangkan untuk kebutuhan CASN berdasarkan pada OPD yang baru dibentuk akan diusulkan lagi kekurangan tenaga CASN-nya pada 2018. Karena dengan pembentukan OPD baru, saat ini beberapa OPD juga kekurangan tenaga pegawai.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait