Kajati: Pejabat Jangan Takut Bekerja

Jumat 05-05-2017,09:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BINTUHAN,BE- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Sendjun Manullang SH MH melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur, Kamis (4/5). Dalam kunjungan ini, ia berpesan kepada para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur yang diberi tanggungjawab agar tidak takut bekerja dalam mengelola uang negara untuk kepentingan rakyat.

“Saya ingatkan kepada pejabat untuk tidak takut dalam melakukan pekerjaan, dan silahkan kelola uang negara, uang rakyat untuk kepentingan rakyat. Tentu pengelolaan uang negara sesuai ketentuan perundang-undangan sehingga dapat dipertanggungjawabkan,” pesan Kejati dihadapan kepala Kepala dinas saat mengelar tamahtamah dengan Bupati di kantor Kejari Kaur, kemarin (4/5).

Dikatakannya, ia menyampaikan para kepala daerah, baik bupati, wali kota, maupun pejabat di instansi pemerintah tidak perlu takut mengambil mengambil keputusan. Terutama terkait pelaksanaan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Sebab selama memiliki niat baik untuk menyejahterakan masyarakat tanpa bermaksud melanggar ketentuan, penegak hukum tidak akan memperkarakannya.

“Kalau memang tujuannya benar untuk kepentingan masyarakat, tidak perlu takut. Yakinlah, kalau bekerja sesuai tupoksi dan tujuannya baik, pasti tidak akan tersandung hukum,” terangnya.

Ditambahkannya, institusi Kejaksaan berkomitmen menjaga transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dengan membentuk Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Sebab TP4D dibentuk sebagai jawaban atas kekhawatiran para pejabat pusat dan daerah akan dipidanakan, sehingga berdampak pada tidak optimalnya pelaksanaan program pembangunan dan serapan anggaran.

“Sekarang ini sudah ada TP4D dan ini diharapkan bersinergi dengan TP4D sehingga tidak perlu dibayang-bayangi rasa ketakutan. Karena TP4D akan mendampingi, mengawal setiap kepala daerah, yang akan melaksanakan program pembangunan, di setiap tingkatan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kaur Gusril Fauzi S Sos dalam sambutannya, ia sangat berterimakasih atas kesediaan Kejati Bengkulu melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kaur. Gusril juga mengaku senang mendapat pencerahan dari Kejati, dan ia berharap dengan adanya kerjasama Kejaksaan melalui TP4D ini bisa memajukan pembangunan Kaur yang lebih baik lagi.

“Saya atas nama pemerintah Kaur sangat berterimakasih sekali atas kedatangan pak Kejati, yang telah banyak memberikan pencerahan kepada pejabat Kaur, khususnya dalam mengelola anggaran pembangunan. Juga apa yang telah disampaikan pak Kejati demi kemajuan pembangunan Kaur,” jelas Bupati.

Dalam Kunker Kejati beserta jajarannya Kamis (4/5) sekitar pukul 09.30 WIB disambut langsung Bupati Kaur Gusril Fauzi S Sos, Kejari Kaur serta stafnya, Kapolres Kaur, serta unsur pimpinan SKPD, FKPD dan undangan lainnya dilingkungan Pemkab Kaur.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait